Strategi Guru IPS dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa di Era New Normal Kelas VII MTs Zumrotul Wildan Ngabul Jepara

Resmi, Ayu Citra (2022) Strategi Guru IPS dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa di Era New Normal Kelas VII MTs Zumrotul Wildan Ngabul Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (759kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (295kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (172kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (357kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (214kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui strategi guru IPS dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa di era new normal kelas VII MTs Zumrotul Wildan Ngabul Jepara, 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru IPS dalam menerapkan strategi untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di era new normal kelas VII MTs Zumrotul Wildan Ngabul Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru IPS, siswa kelas VII sebanyak 4 siswa. Tahap pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat tiga macam strategi guru IPS, yakni strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran inquiri, dan strategi kontekstual. Strategi pembelajaran langsung, digunakan oleh guru IPS untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa dengan cara menggunakan metode ceramah yang disertai penggunaan media belajar. Strategi pembelajaran inquiri, digunakan oleh guru IPS untuk membuat siswa terlihat lebih aktif mengikuti pembelajaran dengan cara memberikan pertanyaan awal yang berhubungan dengan materi. Strategi pembelajaran kontekstual, Digunakan oleh guru IPS dalam pembelajaran dengan menghubungkan materi yang diajarkannya dengan kehidupan nyata siswa agar siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kendala yang dihadapi guru ips dalam menerapkan strategi untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa di era new normal antara lain: perbedaan karakter siswa, perbedaan daya serap, dan adanya siswa yang pasif. Guru IPS sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi hambatannya ketika pembelajaran agar pembelajaran tersebut menjadi efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNuha, UlinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Ips, Efektifitas Belajar, Era New Normal
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:40
Last Modified: 10 Apr 2023 02:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9652

Actions (login required)

View Item View Item