Analisis Pengelolaan Pembelajaran Tematik Pasca Pandemi Covid-19 pada kelas IV Di MI NU Tamrinut Thullab Tahun Pelajaran 2021/2022

Sa’adah, Mafidhotus (2022) Analisis Pengelolaan Pembelajaran Tematik Pasca Pandemi Covid-19 pada kelas IV Di MI NU Tamrinut Thullab Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (423kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (692kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (402kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (518kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (348kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan di awal, pemberlakuan kebijakan Study from home (SFH) hingga sistem pembelajaran tatap muka terbatas (PTM Terbatas) memberikan dampak pada pengelolaan pembelajaran.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran, permasalahan yang terjadi dan pemecahan masalah yang diberikan dalam pembelajaran tematik kelas IV (empat) di MI NU Tamrinut Thullab pada masa pandemi covid-19 tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Subject penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data keseluruhan pada penelitian ini meliputi dua data. (1) Data primer meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, guru tematik dan peserta didik kelas IV di MI NU Tamrinut Thullab. (2) Data sekunder yang diperoleh melalui kepustakaan berupa jurnal dan buku. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi, peningkatan ketekunan, dan membercheck. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data , penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengelolaan pembelajaran tematik kelas IV MI NU Tamrinut Thullab meliputi proses penyusunan kurikulum 2013, silabus, dan RPP menyesuaikan kondisi pasca pandemi,. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific melalui 3 tahapan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup yang disesuaikan dengan metode, media yang sesuai dengan kondisi pasca pandemi. Kegiatan evaluasi meliputi tiga aspek kompetensi yaitu; aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Teknik penilaian melalui ulangan harian, PTS dan PAS. (2) permasalahan yang terjadi meliputi; tidak semua peserta didik memiliki prasarana yang memadai, guru dan peserta didik harus menyesuaikan diri dari pembelajaran daring kembali ke pembelajaran tatap muka, pembatasan jam pembelajaran, pada proses evaluasi pembelajaran daring, guru lebih berfokus dengan pengembangan kemampuan kognitif peserta didik, sehingga aspek lain seperti afektif, psikomotorik, kurang dikembangkan. (3) pemecahan masalah meliputi, Guru di MI NU Tamrinut Thullab mengikuti pelatihan, pembekalan sehingga dapat meminimalisir kesulitan dalam pengelolaan pembelajaran, selama pembelajaran daring guru berupaya untuk menyesuaikan jam pembelajaran dengan peserta didik. Adanya bimbingan khusus bagi peserta didik yang kurang dalam pemahaman pembelajaran, peningkatan pengawasan dan memaksimalkan kegiatan evaluasi mengenai kompetensi afektif dan psikomotorik setelah pelaksanaan sistem pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMohtarom, MohtaromUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:50
Last Modified: 10 Apr 2023 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9654

Actions (login required)

View Item View Item