Pengaruh Modal Usaha, Lingkungan Sosial, dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Tergo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus)

Ulya, Himayatul (2022) Pengaruh Modal Usaha, Lingkungan Sosial, dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Tergo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (941kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (646kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (573kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (898kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modal usaha, lingkungan sosial, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (studi kasus pada masyarakat desa tergo kecamatan dawe kabupaten kudus). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat desa tergo kecamatan dawe kabupaten kudus. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan kepada 97 responden dengan mengunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data meliputi analisis berganda, Uji T (Parsial), Uji F (Simultan), dan koefisien determinasi (R2). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa variabel pertama yaitu modal usaha memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap minat berwirausaha masyarakat yang menunjukkan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu (3,514 > 1,98580) dan nilai signifikan sebesar 0,001 yaitu lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). Variabel kedua yaitu lingkungan sosial menghasilkan nilai thitung yaitu 3,123 lebih besar dari ttabel yaitu 1,98580 (3,123 > 1,98580) dan nilai signifikan yaitu sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 (0,002 < 0,05), sehingga lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha masyarakat. Variabel ketiga yaitu pengetahuan kewirausahaan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha masyarakat dengan menghasilkan nilai thitung yaitu 2,023 lebih besar dari ttabel yaitu 1,98580 (2,023 > 1,98580) dan nilai signifikan yaitu 0,046 lebih kecil dari 0,05 (0,046 < 0,05). Keempat diperoleh nilai Fhitung sebesar 50,051 dan nilai Ftabel sebesar 2,70 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yaitu Fhitung lebih besar dari Ftabel (50,051 > 2,70). Dengan demikian secara simultan atau bersama-sama antara modal usaha, lingkungan sosial, dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha (Studi Kasus pada masyarakat Desa Tergo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuparwi, SuparwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modal Usaha, Lingkungan Sosial, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Minat Berwirausaha
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:24
Last Modified: 11 Apr 2023 01:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9669

Actions (login required)

View Item View Item