Raniah, Atalah (2022) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pasca Pandemi Pada Mata Pelajaran Matematika Pada Kelas 5 Di Mi Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (670kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (352kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (554kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (305kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (400kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (214kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan tentang minat belajar siswa kelas 5 pasca pandemi pada mata pelajaran Matematika di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara. 2) Mendeskripsikan Strategi seorang guru dalam meningkatkan minat belajar pasca pandemi pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas 5 di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara. 3) Mendeskripsikan hambatan yang dialami oleh guru dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 5 MI di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan dalam pelaksanaan penlitian ini yaitu primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan oleh peneliti dapat diketahui bahwa: 1) Minat belajar siswa kelas 5 pasca pandemi pada mata pelajaran Matematika di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara menurun, dibuktikan dengan menurunnya perhatian siswa, kurangnya rasa suka dalam kegiatan pembelajaran matematika, serta menurunnya keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, hal tersebut disebabkan oleh perubahan pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19. 2) Strategi seorang guru dalam meningkatkan minat belajar pasca pandemi pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas 5 di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara yaitu dengan mengembangkan bahan ajar, menggunakan metode yang bervariasi, mengembangkan bahan ajar serta memberikan motivasi belajar kepada siswa. 3) Hambatan yang dialami oleh guru dalam meningkatkan minat belajar pasca pandemi pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 5 MI di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara diantaranya yaitu pada pengembangan bahan ajar terdapat hambatan berupa kesulitan guru dalam menuangkan ide, potensi serta karakter siswa yang berbeda-beda dan keterbatasan sumber bahan ajar. Pada penggunaan metode yang bervariasi terdapat hambatanberupa guru kesulitan dalam mengalokasi waktu. Pada pengembangan media guru sulitnya menentukan media yang efektif dan ketidak tersediaan media. Dalam memberikan motivasi terdapat hambatan dari siswa yang kurang disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Minat Belajar Matematika. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2023 01:27 | ||||||
Last Modified: | 11 Apr 2023 01:27 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9670 |
Actions (login required)
View Item |