Safiti, Izza Soraya (2022) Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pendekatan Project Based Learning Di TK Pertiwi 01 Prambatan Lor Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (332kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (492kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (684kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (377kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (700kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (367kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) |
Abstract
Skripsi Ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan karakter peduli lingkungan melalui pendekatan project based learning di TK Pertiwi 01 Prambatan Lor serta problem dan solusi yang terjadi ketika menerapkan karakter peduli lingkungan kepada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif degan jenis penelitian field risearch (penelitian lapangan). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 anak. Sedangkan sumber data yang diperoleh berasal dari kepala sekolah, guru kelas, dan juga orang tua dari anak kelas B. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara pengumpulan data, merangkum data dengan memilih hal-hal pokok penting, menyajikan dengan teks yang bersifat naratif, kemudian yang terakhir yaitu menarik kesimpulan untuk memperoleh hasil penelitian yang sesuai dengan fokus penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pendidikan karakter peduli lingkungan sangat penting untuk di kembangkan dan di kenalkan saat dini. Penanaman sikap peduli lingkungan juga harus ditanamkan sejak dini agar anak didik mempunyai sikap cinta lingkungan saat dewasa kelak. Dari memberikan contoh baik apalagi pada nilai karakter peduli lingkungan pada anak dapat menumbuhkan sikap peduli lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, menanam dan merawat tanaman, membuat eco enzyme dan menghemat dalam menggunakan air. Pembentukan nilai karakter peduli lingkungan diterapkan melalui pembelajaran pendekatan project based learning, pembiasaaan, dan pemberian contoh dari guru disetiap harinya. Kegiatan menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan ini tentunya mempunyai problem dan solusi saat menerapkannya. Problemnya diantaranya yaitu kemauan perserta didik dan pengaruh keluarga. Solusinya memberikan kegiatan yang menarik kepada anak dan guru mengadakan kegiatan parenting.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikaan Karakter, Peduli Lingkungan, Project Based Learning | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | |||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 12 Apr 2023 07:03 | |||||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 07:03 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9690 |
Actions (login required)
View Item |