Khoirina, Rusda (2022) Implementasi Pembelajaran SKI Melalui Youtube pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas X MA NU Nurussalam Besito Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (516kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (728kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (383kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (514kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (363kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) |
Abstract
MA NU Nurussalam merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Pada masa pandemi covid-19 siswa yang tinggal di daerah pegunungan tidak memiliki aplikasi lain selain youtube yang digunakan untuk menunjang pembelajaran pada mapel SKI dan guru mapel SKI juga mengaplikasikan youtube sebagai media pembelajaran selama pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi media pembelajaran berbasis audio visual melalui platform youtoube dimasa pandemi covid-19 dalam pembelajaran SKI di kelas X MA NU Nurussalam Besito; 2) dampak siswa belajar mata pelajaran SKI menggunakan media pembelalajaran melalui youtube pada masa pandemi covid-19 di kelas X MA NU Nurussalam Besito; 3) faktor pendukung dan penghambat implementasi media pembelajaran SKI melalui youtube pada masa pandemi covid-19 di kelas X MA NU Nurussalam Besito tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (filed research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian pengujian keabsahan data dengan meningkatakan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Setelah data terkumpul peneliti mereduksi data, dan menyajikan data yang sebelumnya sudah dianalisis sehingga menghasilkan penarikan kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi media pembelajaran mapel SKI melalui youtube di lakukan selama pandemi covid-19. 2) Dampak positif siswa belajar mapel SKI menggunakan media pembelajaran melalui youtube di masa pandemi covid-19 di kelas X MA NU Nurussalam dapat mengembangkan diri siswa menjadi lebih mandiri, kreatif, dan inovatif. Sedangkan dampak negatifnya adalah menjadikan siswa malas belajar, dapat mengganggu kesehatan mata, dan interaksi sosial dengan orang disekitar menjadi berkurang. 3) Faktor pendukung implementasi media pembelajaran SKI melalui youtube pada masa pandemi covid-19 di kelas X MA NU Nurussalam adalah berupa alat komunikasi seperti hanphone, laptop, alat tulis dan buku pegangan siswa. Selain itu platform youtube juga menjadi salah satu faktor pendukung implementasi media pembelajaran selama masa pandemi. Sedangkan faktor penghambat implementasi media pembelajaran SKI melalui youtube pada masa pandemi covid-19 adalah jaringan internet yang digunakan siswa. Terkadang siswa yang tinggal di daerah pegunungan kesulitan dalam mengakses youtube saat mengikuti KBM secara online
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, Platform Youtube, Pandemi ¬Covid-19, SKI | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2023 02:18 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2023 02:18 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9741 |
Actions (login required)
View Item |