Dinamika Profesionalitas Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus

Hastuti, Widya (2022) Dinamika Profesionalitas Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (632kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (585kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (370kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan profesionalitas guru kelas MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus (2) untuk mendeskripsikan pembentuk karakter peserta didik di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. (3) untuk mendeskripsikan profesionalitas guru kelas dalam pembentukan karakter peserta didik di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang mengambil data secara mendalam tentang keadaan yang terjadi di tempat penelitian. Pendekatan yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku-buku kepustakaan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti, penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) profesionalitas guru kelas di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus sudah termasuk dalam guru profesional karena sudah sertifikasi dan memiliki empat kompetensi sebagai syarat guru profesional. (2) pembentuk karakter siswa di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus guru sebagai pembimbing, pengelola, evaluator, dan sebagai teladan yang baik (uswah hasanah) bagi siswanya. Selain itu, guru profesional di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo dalam membentuk karakter siswanya menggunakan beberapa cara yaitu teguran, kegiatan rutin, pembiasaan yang baik, dan dalam pembelajaran yang diajarkan guru memuat nilai-nilai karakter didalamnya. Sehingga siswa di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus sudah terlihat nilai-nilai karakter tersebut yaitu jujur, disiplin dan tanggung jawab. Akan tetapi ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya yaitu baik dari faktor intern yaitu kebiasaan dan faktor ekstern yaitu lingkungan. (3) profesionalitas guru kelas dalam pembentukan karakter peserta didik di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus sudah terlaksana dengan baik hal ini dibuktikan hasil wawancara dengan guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah Miftahut Tholibin ikhlas mengajar dengan alasan sudah menjadi panggilan hati dan guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah Miftahut Tholibinmendidik serta memberikan bimbingan seperti anak sendiri. Selanjutnya semoga penelitian ini dapat menjadi khazanah, masukan dan bahan informasi bagi berbagai pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhsani, Eva Luthfi FakhruUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru Profesional, Teladan, Karakter
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:05
Last Modified: 18 Apr 2023 04:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9774

Actions (login required)

View Item View Item