Evaluasi Proses Pembelajaran IPS Menggunakan Model CIPP Pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Kedung Jepara

Noor, Rifqiyah (2022) Evaluasi Proses Pembelajaran IPS Menggunakan Model CIPP Pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Kedung Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (739kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (489kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (511kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (653kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)

Abstract

Evaluasi pendidikan merupakan salah satu bentuk mekanisme sistem pendidikan yang bertujuan untuk meninjau ulang proses pendidikan yang telah dilaksanakan dalam beberapa jangka kurun waktu tertentu. Tinjauan ulang tersebut dimaksudkan untuk memahami, menggali, serta mengkoreksi proses pendidikan tersebut. Sehingga akan diketahui celah-celah kekurangan yang harus diperbaiki. Maka dari itu, evaluasi pendidikan sangat dibutuhkan dalam upaya mewujudkan suatu sistem pendidikan yang baik. Salah satu hal yang memegang peranan penting bagi keberhasilan pembelajaran adalah proses pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang baik sangat dipengaruhi oleh perencaan pembelajaran yang baik juga. Proses kegiatan belajar mengajar merupakan dua hal yang berbeda, tetapi membentuk satu kesatuan yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu pendekatan untuk mengamati dan memahami suatu gejala yang ada secara kompleks. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya: observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket (kuesioner). Sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu dengan skala likeart yang kemudian ditransformasikan ke dalam bentuk deskriptif kualitatif dengan teknik reduksi data penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ditinjau dari empat komponen dalam model CIPP sebagai berikut; komponen konteks aspek yang dievaluasi mengenai strategi penyusunan program pembelajaran oleh kepala sekolah dan juga pemahaman guru serta peserta didik mengenai tujuan dari pelajaran IPS. Untuk pemahaman guru dan peserta didik dalam tujuan pembelajaran IPS menunjukkan bahwa guru dan peserta didik sangat memahami mengenai arah dan tujuan dari pembelajaran IPS. Komponen evaluasi input didasarkan pada karakteristik Sumber Daya Manusia (SDM), dan karakteristik fasilitas pembelajaran. Dilihat dari karakteristik SDM meliputi guru dan juga peserta didik sudah mendukung dan siap untuk dilaksanakan proses pembelajaran, dimana pada masing-masing sekolah memiliki 2 guru IPS dan sudah bersertifikat pendidik, dengan jumlah guru tersebut sudah sesuai dan cukup untuk mendampingi proses KBM di sekolah. Evaluasi proses menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang telah berlangsung pada madrasah lokasi penelitian cukup lancar dimana kerjasama guru dan peserta didik dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif, menyenangkan, dan aktif dapat terwujud. Meskipun sedikit terkendala dengan kemampuan guru yang belum bisa maksimal dalam mengelola kelas, dan kemampuan guru dalam menerapkan berbagai macam metode pembelajaran. Tetapi permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan baik oleh masing-masing pihak guru terkait.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, Rukhaini FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, CIPP, Proses, Pembelajaran, IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:23
Last Modified: 18 Apr 2023 04:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9777

Actions (login required)

View Item View Item