Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Pada Program Kelas Unggulan Kitab Mts Salafiyah Kajen Margoyoso Pati

Rohman, Abdur (2022) Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Pada Program Kelas Unggulan Kitab Mts Salafiyah Kajen Margoyoso Pati. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK .pdf

Download (562kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (748kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (517kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (386kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Manajemen pembelajaran merupakan proses interaksi pendidik dengan peserta didik dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Adanya manajemen pembelajaran merupakan bukti pertanggungjawaban lembaga pendidikan untuk menghasilkan outcome yang bermanfaat bagi masyarakat dan membimbing peserta didik memiliki kecerdasan spiritual dan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di Kelas Unggulan Kitab MTs Salafiyah Kajen Margoyoso. Metode penelitiannya menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Sumber data primer adalah guru mata pelajaran kitab kuning. Sedangkan sumber sekundernya adalah penanggung jawab kelas unggulan. Pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, penyimpulan dan verifikasi. Untuk pengujian keabsahan data dengan trialungasi, Pear Debrieffing, dan Referencial Adequacy Checks. Temuan penelitian menunjukkan, 1. kegiatan perencanaan pembelajaran melalui rapat, kemudian guru rumpun kitab kuning melakukan musyawarah untuk membuat perangkat pembelajaran Prota, Promes, Silabus, dan RPP. 2. Pelaksanaan pembelajaran terdapat tiga tahap yaitu pembuka, inti, dan penutup. Untuk metode pembelajaran menggunakan bandongan, sorogan, dan tanya jawab. 3. Kegiatan evaluasi dengan teknik tes yaitu adanya penilaian tengah semester, penilaian semester, dan ujian munaqosah untuk evaluasi tahap akhir saat peserta didik akan lulus. Selain itu juga, guru melaksanakan evaluasi dengan teknik non tes melalui observasi setiap pembelajaran di kelas melalui penilaian harian.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUlya, UlyaUNSPECIFIED
Thesis advisorTaufikin, TaufikinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Kitab Kuning
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Apr 2023 02:05
Last Modified: 27 Apr 2023 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9809

Actions (login required)

View Item View Item