Nafiah, Lina ‘Inayatun (2022) Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X MA Ma’ahid Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (649kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (493kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (889kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (797kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (489kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (590kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan logis matematis siswa kelas X MA Ma’ahid Kaliwungu Kudus, (2) pengaruh intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X MA Ma’ahid Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Ma’ahid Kaliwungu Kudus dengan jumlah siswa kelas X adalah 206 siswa. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil sampel secara acak tanpa memperhatikan setrata yang terdapat dalam populasi. Pada penelitian ini, peneliti memilih kelas X MIPA 3 sebagai sampel penelitian dengan jumlah 30 siswa. Data penelitian diperoleh melalui angket, tes dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Berdasarkan hasil analisis data mendapatkan hasil bahwa: (1) terdapat pengaruh positif intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan logis matematis siswa kelas X MA Ma’ahid Kaliwungu Kudus dengan hasil thitung (7,727) > ttabel(5%,28) (2,048) serta taraf signifikansi intensitas menghafal Al-Qur’an < 5% (0,000 < 0,05). Kemudian diperoleh besarnya pengaruh intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan logis matematis adalah 68,2%, sehingga semakin tinggi intensitas menghafal Al-Qur’an siswa maka akan meningkatkan kecerdasan logis matematisnya, (2) terdapat pengaruh positif antara intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X MA Ma’ahid Kaliwungu Kudus dengan hasil thitung (4,099) > ttabel (2,048). Kemudian diperoleh besarnya pengaruh intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional adalah 37,5%. sehingga semakin tinggi intensitas menghafal Al-Qur’an siswa maka semakin tinggi pula kecerdasan emosionalnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Intensitas Menghafal Al-Qur’an, Kecerdasan Logis Matematis, Kecerdasan Emosional | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2023 03:22 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2023 03:22 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9827 |
Actions (login required)
View Item |