Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas III MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus

Nafi’ah, Ulfatun (2023) Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas III MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (448kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (348kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (932kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (762kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (617kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui penerapan metode role playing di kelas III MI NU Saalfiyah Gondoharum Jekulo Kudus dan 2) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan digunakannya metode Role Playing di kelas III MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan penelitiannya yaitu metode kuantitatif Pre-Experimental Designs dengan desain penelitian (One-Group Pretest-Posttest Design), penelitian ini hanya memiliki one classes yang akan diberikan pretest dan posstest, hasil pretest diujikan sebelum mendapat perlakuan dengan hasil posstest diujikan setelah mendapat perlakuan. Populasi yang diambil yaitu seluruh peserta didik kelas III MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus, dengan jumlah sampelnya 22 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan beberapa teknik pengumpulan data yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yaitu jenis tes tertulis soal pilihan ganda sejumlah 20 butir soal yang diberikan pada pretest (sebelum pembelajaran) dan postest (setelah pembelajaran). Teknik analisis data yang digunakan yaitu ada 3 analisis, 1) analisis pendahuluan yang terdiri atas 2 pengujian data : a) uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan b) uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic, 2) analisis hipotesis menggunakan uji-T Paired Test, dan 3) analisis lanjutan. Hasil penelitian yang di dapatkan, melalui penerapan metode role playing pada pembelajaran Matematika di kelas III MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus, rata-rata hasil belajar dari pretest 50.9091 menjadi posttest 80.9091. Kemudian dari hasil uji-Thitung 10.900 > 2.07961 Ttabel yakni dan nilai signifikan di dapatkan .000 < 0.05, yang artinya menerima Ha dan menolak Ho. Hasil tersebut dinyatakan terdapat peningkatan hasil belajar Matematika dengan penerapan metode role playing pada kelas III MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMundakir, MundakirUNSPECIFIED
Thesis advisorHerwani, SuciUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 May 2023 01:58
Last Modified: 05 May 2023 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9911

Actions (login required)

View Item View Item