Implementasi Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Busy Book Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN 08 Kedungsari Gebog Kudus

Rizkia, Nanda Melina (2023) Implementasi Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Busy Book Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN 08 Kedungsari Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (875kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (459kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (544kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran word square berbantuan media busy book, faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran word square berbantuan media busy book, dan keberhasilan implementasi model pembelajaran word square berbantuan media busy book untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan atau field research, pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dan dependabilitas. Setelah data terkumpul, dilakukan teknik analisis data, yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Maka, diperoleh temuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan mengimplementasikan model pembelajaran word square berbantuan media busy book dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III. Hasil penelitian yaitu: 1) pelaksanaan implementasi model pembelajaran word square berbantuan media busy book yaitu Sebelum pembelajaran guru menyiapkan RPP, bahan ajar, materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan model serta media pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yaitu, menjelaskan materi, membentuk kelompok, menerapkan model pembelajaran word square berbantuan media busy book, diskusi kelompok, presentasi hasil diskusi, tanya jawab, penilaian, dan membuat kesimpulan. Kegiatan terakhir, evaluasi pembelajaran berupa tes tertulis. 2) Faktor pendukung implementasi model pembelajaran word square berbantuan media busy book dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu semangat belajar tinggi, motivasi dan minat mempelajari hal baru, perilaku dan sikap siswa, kemampuan dan bakat, kegiatan menarik dan menyenangkan, sarana dan prasarana. Faktor penghambatnya yaitu perbedaan karakter, kelas tidak kondusif, dan kemampuan belajar belum maksimal. 3) Keberhasilan implementasi model pembelajaran word square berbantuan media busy book terlihat dari indikator motivasi yang dicapai siswa antara lain, adanya harapan, hasrat dan keinginan berhasil, ulet dan tidak pantang menyerah, kegiatan menarik, evaluasi pembelajaran menunjukkan hasil baik yaitu hasil belajar siswa meningkat. Sehingga diketahui motivasi belajar siswa telah meningkat dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanik, Elva UimiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Word Square, Media Busy Book, Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 May 2023 07:29
Last Modified: 08 May 2023 07:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9928

Actions (login required)

View Item View Item