Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Dan Kebangsaan (Studianalisis Pembelajaranpendidikan Agama Islam Di Smp 3 Kudus)

Mustofa, M.Syaifudin (2022) Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Dan Kebangsaan (Studianalisis Pembelajaranpendidikan Agama Islam Di Smp 3 Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (414kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (856kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (366kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)

Abstract

M.SyaifudinMustofa (MPI-19008).Fokus penelitian ini Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Menumbuhkan Karakter Religius dan Kebangsaaan (Studi Analisi Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 3 Kudus). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam menumbuhkan karakter religious dan kebangsaan pada pembelejaran Pendidikan agama Islam.di SMP 3 Kudus (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam menumbuhkan karakter religious dan kebangsaan pada pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP 3 Kudus Penelitian ini penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik. Adapun sumber primer didapat dari observasi non partisipan di SMP 3 Kudus dan wawancara terstruktur kepada kepala sekolah,kepala bidang kurikulum, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik. Sedangkan sumber sekunder didapat dari dokumen-dokumen kurikulum PAI, buku ajar PAI, dokumen pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Imlplementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam menumbuhkan karakter religius dan kebangsaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP 3 Kudus yaitu: a)perencanaan penyusunan rancana pembelajaran dengan cara memasukan nilai-nilai moderasi beragama dalam proses penyusunan perangkat pembelajaran.b)pelaksanaan, moderasi beragama melelui pembelajaran PAI yaitu dengan memasukan nila-nilai atau prinsip tentang moderasi beragama dan nilai- nilai karakter Religius dan kebangsaan pada saat pembelajaran dengan menggunakan beberap metode dan strategi yang baik pada saat proses pembelajaran.(2)Faktor pendukung implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam menumbuhkan karakter religius dan kebangsaan siswa dalam pemebelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP 3 Kudus.sebagai berikut: a)Terjalinnya kerjasama antara orang tua dan guru; b) Adanya dukungan dan motifasi dari kepala sekolah. c) Sarana dan prasarana yang memadai .d) Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sudah kompeten soal moderasi beragama .e) Isi Materi Buku yang Mengandung dengan Nilai-Nilai Moderasi Beragama adapun faktor penghambatnya sebagai berikut: a)Lingkungan pergaulan siswa yang tidak baik dan yang negatif serta pengaruh media sosial yang tidak baik terhadap kegiatan peserta didik.b) Terbatasnya waktu orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak dan pola pikir orang tua yang menggantungkan pendidikan sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMu'min, Ma'munUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Karakter Religus, Karakter Kebangsaan, Kegiatan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 May 2023 02:32
Last Modified: 12 May 2023 02:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9954

Actions (login required)

View Item View Item