Upaya Perkembangan Bahasa Pada Anak Speech Delay Menggunakan Metode Bercerita (Studi Kasus di Biro Psikologi Terapan Jepara)

Wahyuningtyas, Rissa (2023) Upaya Perkembangan Bahasa Pada Anak Speech Delay Menggunakan Metode Bercerita (Studi Kasus di Biro Psikologi Terapan Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (58kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (68kB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (473kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (559kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (398kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (439kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (62kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (298kB)

Abstract

Pada dasarnya setiap anak berhak mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya. Masalah utama pada penelitian ini adalah perkembangan bahasa anak speech delay yang ada di Biro Psikologi. Speech delay sendiri merupakan kondisi anak yang mengalami keterlambatan berbicara. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan upaya perkembangan bahasa dengan menggunakan metode bercerita pada kemampuan berbicara anak yang mengalami speech delay di Biro Psikologi Terapan Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di Biro Psikologi Terapan Jepara. Sumber data penelitian diperoleh dari kepala biro, konselor atau terapis, dan orang tua anak speech delay. Hasil penelitian di lapangan berhasil memperoleh beberapa temuan, yaitu : Penerapan metode bercerita sebagai upaya perkembangan bahasa anak speech delay. Media yang digunakan adalah boneka, barang disekitar, dan buku dogeng. Langkah yang digunakan mulai dari berdoa, senam mulut, penerapan metode bercerita, relaksasi, kembali bercerita, dan penutup. Selain itu, layanan bimbingan dan koseling diberikan oleh konselor kepada orang tua sebagai langkah pendukung. Dari proses penerapan tersebut diperoleh beberapa kendala seperti anak tantrum, tertidur, malas berekspresi, dan anak bersikap pasif. Meski demikian, penerapan metode bercerita memiliki beberapa perkembangan seperti anak sudah mampu membuat kalimat, mampu berinteraksi dengan orang lain, dan mampu merespon komunikasi orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, Heny KristianaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perkembangan bahasa, Speech delay, Metode bercerita
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 May 2023 02:53
Last Modified: 15 May 2023 02:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9972

Actions (login required)

View Item View Item