Zakaria, Rizal (2023) Implementasi Peningkatan Mutu Madrasah Melalui Program Sahabat Di Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (367kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (381kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (704kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (948kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (697kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (378kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (637kB) |
Abstract
Sekolah yang bermutu merupakan suatu lembaga pendidikan yang membangun kepercayaan masyarakat untuk memilih lembaga pendidikan tersebut sebagai tempat untuk menuntut ilmu bagi putra-putrinya. Dalam hal ini Kementerian Agama Wilayah Provinsi Jawa Tengah di bidang pendidikan yang mencanangkan peningkatan mutu pendidikan dengan program Sahabat Madrasah yang diharapkan dapat menyama ratakan mutu pendidikan pada lembaga-lembaga dalam naungan Kementerian Agama Wilayah Provinsi Jawa Tengah tersebut dengan mengedepankan peningkatan mutu, daya saing, dan pemerataan kualitas pendidikan pada satuan pendidikan madrasah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari peneliti adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya wawancara (dengan jumlah narasumber 3 yang terdiri dari Kepala KASI Pendidikan Madrasah Kementrian Agama Kabupaten Kudus, penanggung jawab penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kudus dan ketua Program Sahabat Madrasah), observasi dan dokumentasi. Kemudian di analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan data pada Implementasi Peningkatan Mutu Madrasah Melalui Program Sahabat Madrasah di Kabupaten Kudus menggunakan beberapa cara yaitu uji kedibilitas, triangulasi sumber, teknik, waktu dan penggunaan bahan referensi.Tujuan dari peelitian ini guna mengetahui peningkatan mutu madrasah dan penerapan program sahabat madrasah di Kabupaten Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaImplementasi Peningkatan Mutu Madrasah Melalui Program Sahabat Madrasah di Kabupaten Kudus diawali dengan pembuatan peta pemikiran. Penerapan progam sahabat madrasah bertujuan untuk mensinergikan antar madrasah, dimana program sahabat madrasah diharapkan dapat memberikan dorongan dan perubahan dalam menciptakan mutu madrasah yang sesuai dengan standar pendidikan nasional, di Kabupaten Kudus penerapan program sahabat madrasah yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Kudus mengharapkan semua pemitra dapat melakukan perubahan dalam pengelolaan manajemen madrasah sehingga dapat merubah meningkatkan mutu madrasah dan dapat menambahkan market madrasah melalui penilaian akreditasi yang baik, prestasi yang didapatkan dan program khusus yang diterapkan sehingga masyarakat memiliki daya minat menempati dan melakaksanakan Pendidikan di lembaga Pendidikan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Program Sahabat Madrasah, Kabupaten Kudus | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 May 2023 03:05 | ||||||
Last Modified: | 15 May 2023 03:05 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9974 |
Actions (login required)
View Item |