Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inquiry Science Issues Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik

Sifa, Usria Nailus (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inquiry Science Issues Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (719kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan sains diabad 21 ini mengharuskan peserta didik memiliki kompetensi keterampilan berpikir kritis (critical thinking) untuk menghadapi tantangan dimasa depan. Keterampilan berpikir kritis peserta didik bisa dilatihkan dengan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas mata pelajaran IPA. IPA sebagai pelajaran yang prosesnya berisi kegiatan-kegiatan ilmiah atau hasil observasi fenomena alam maka proses dalam penyampaian pembelajaran IPA diharapkan dapat memecahkan permasalahan terhadap alam atau lingkungan sekitar. Kondisi keterampilan berpikir kritis peserta didik kini masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk sebuah media pembelajaran LKPD berbasis science issues materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan prosedur R&D yang meliputi tahap define, design, dan develop. Data dikumpulkan melalui teknik tes (tes keterampilan berpikir kritis) yang digunakan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik. Subjek uji coba dilakukan kepada 35 peserta didik kelas VII A MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Data dari hasil pengembangan media menunjukkan berdasarkan karakteristiknya, media LKPD dapat dilihat dari; karaktersitik fisik LKPD yang meliputi cover, pengantar, petunjuk penggunaan, materi, dan kegiatan peserta didik; karakteristik isi yang meliputi materi pencemaran lingkungan; dan karakteristik teknologi yang meliputi aplikasi yang digunakan Microsoft Word. Secara umum LKPD yang telah dikembangkan memenuhi syarat kelayakan dan kemenarikan. Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh skor persentase 95,5% dalam kategori sangat layak. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor persentase 80,55% dalam kategori layak. Hasil uji kemenarikan LKPD memperoleh skor persentase 84,22% dengan kategori sangat menarik. Kondisi keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum dan setelah menggunakan LKPD berbasis science issues secara keseluruhan memperoleh skor n-gain 0,71 dengan persentase 71% dengan kategori tinggi atau cukup efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalichatin, HanikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, LKPD, Science Issues, Pencemaran Lingkungan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 May 2023 04:26
Last Modified: 15 May 2023 04:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9989

Actions (login required)

View Item View Item