Widyastuti, Nur Anisa Amala (2023) Penerapan Metode Qira’ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus TPQ Al-Ma’roef, Ngembalrejo, Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (634kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (487kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (746kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (515kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (467kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (611kB) |
Abstract
Sekarang ini, banyak sekali terdapat lembaga pendidikan Al-Qur’an yang memberikan pengajaran Al-Qur’an dengan menerapkan berbagai macam metode pengajaran Al-Qur’an, contohnya Metode Qiraati. Hal ini dikarenakan untuk memudahkan para santri dapat membaca Al-Qur’an secara benar dengan menerapkan tartil, shifatul huruf, makharijul huruf serta tajwid. Dalam penelitian ini, tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui: 1) Penerapan metode Qira’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ma’roef Ngembalrejo Kudus, serta 2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Qira’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ma’roef Ngembalrejo Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, ustadzah, wali santri dan santri TPQ Al-Ma’roef. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan cara uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, serta uji konfirmabilitas. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Qira’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ma’roef Ngembalrejo Kudus sudah dilaksanakan dengan baik. Hal itu ditunjukkan dengan perencanaan yang sesuai dengan panduan RPP dari lembaga Qiraati pusat. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, menggunakan teknik mengajar klasikal peraga dan individual. Adapun pada tahap evaluasi penilaian santri menggunakan teknik evaluasi harian, evaluasi naik jilid, serta evaluasi khotmil Qur’an. Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Al-Ma’roef ditunjukkan dengan kemampuan santri membaca Al-Qur’an secara tartil, kemampuan santri membaca Al-Qur’an dengan menerapkan makharijul huruf dan shifatul huruf secara benar, kemampuan santri membaca Al-Qur’an dengan menerapkan tajwid secara benar serta santri dapat menyelesaikan pembelajaran dengan target waktu yang telah ditentukan. 2) Terdapat faktor yang menjadi pendukung penerapan metode Qira’ati di TPQ Al-Ma’roef yaitu: adanya ustadzah bersyahadah, sarana prasarana yang memadai, keadaan santri yang siap untuk belajar, serta lingkungan keluarga yang mendukung. Adapun yang menjadi faktor penghambat penerapan metode Qira’ati di TPQ Al-Ma’roef yaitu: kurangnya kedisiplinan santri, kondisi santri yang tidak kondusif di dalam kelas, santri lupa terhadap materi atau bacaan jilidnya, kondisi fisik santri yang lelah dan kurang bersemangat, kurangnya jumlah ustadzah, serta kurangnya interaksi antara ustadzah dengan santri akibat pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Qiraati, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, TPQ Al-Ma’roef | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 May 2023 01:30 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 01:30 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9995 |
Actions (login required)
View Item |