PENGARUH PEMBERIAN REINFORCEMENT DAN STIMULUS YANG BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 2 GABUS GROBOGAN

Anwar, Moch Sapta Choirul (2017) PENGARUH PEMBERIAN REINFORCEMENT DAN STIMULUS YANG BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 2 GABUS GROBOGAN. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (998kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1)untuk mengetahui pengaruh pemberian reinforcement terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam (2) untuk mengetahui pengaruh stimulus yang bervariasi dalam pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam (3) untuk mengetahui pengaruh pemberian reinforcement dan stimulus yang bervariasi dalam pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field reserch). yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah tetapi didahului semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penulis melakukan studi lapangan di SMP N 2 Gabus Grobogan. Populasi dalam penelitain ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan IX yang berjumlah 230 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 139 siswa. Alasan peneliti menjadikan kelas VIII dan IX sebagai objek penelitian karena siswa kelas VII masih dalam proses adaptasi dengan sekolah. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan proportionate stratified random sampling yaitu pengambilan anggata sampel secara acak berstrata secara proposional. Tekhnik yang digunakan dalam menguji hipotesis menggunakan uji asumsi klasik, kemudian di uji lagi dengan uji statistik menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pemberian reinforcement dalam kategori baik, yaitu sebesar 70,16, stimulus yang bervariasi dalam kategori baik, yaitu sebesar 70,41, keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam dalam kategori baik, yaitu sebesar 87,26. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian reinforcement terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam, dengan menggunakan model Ŷ = 54,149 + 0,472 X1 , & pemberian reinforcement mempunyai hubungan yang positif dan cukup signifikan terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara stimulus yang bervariasi terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam, dengan menggunakan model Ŷ = 60,741+ 0,377X2, & stimulus yang bervariasi mempunyai hubungan yang positif dan cukup signifikan terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian reinforcement dan stimulus yang bervariasi terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam, dengan menggunakan model Ý= 49,585 + 0,343 X1 + 0,193 X2, serta secara bersama-sama terdapat hubungan yang positif & signifikan terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemberian Reinforcement; Stimulus yang bervariasi dan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 May 2017 04:37
Last Modified: 13 May 2017 04:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1023

Actions (login required)

View Item View Item