Iktafa, Ahmad Arham (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKHLAK KITAB AL-AKHLAKUZZAKIYYAH FI ADABITTHOLIBIL MARDLIYAH DI MA MAZRO’ATUL HUDA WONORENGGO KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (951kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (964kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (952kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran akhlak kitab al-akhlakuzzakiyyah fi adabittholibil mardliyah di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran akhlak kitab al-akhlakuzzakiyyah fi adabittholibil mardliyah di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran akhlak kitab al-akhlakuzzakiyyah fi adabittholibil mardliyah di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekaatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan (kepala madrasah, guru pengampu pembelajaran akhlak dan peserta didik) terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian ini di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran akhlak kitab al-akhlakuzzakiyyah fi adabittholibil mardliyah di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Menurut peniliti pembelajaran dikategorikan cukup efektif hal ini dibuktikan dengan adanya siswa yang mampu memahami materi yang diajarkan. Pembelajaran dikatakan cukup efektif karena pelaksanaannya hanya 1 kali pertemuan dalam satu minggu dan alokasinya hanya 1 Jam pelajaran (1x45 menit). (2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran akhlak kitab al-akhlakuzzakiyyah fi adabittholibil mardliyah di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu kompetensi guru, lingkungan madrasah, adanya mata pelajaran bahasa Arab dan materi dalam kitab. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kompetensi peserta didik, alokasi waktu dan bahasa. (3) Hasil pelaksanaan pembelajaran akhlak kitab al-akhlakuzzakiyyah fi adabittholibil mardliyah di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik , hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang mencapai “82” diatas nilai KKM yaitu “ 75” dan juga akhlak yang dimiliki oleh peserta didik kelas X di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak tergolong baik, hal ini dapat dilihat dari tutur kata serta perilaku peserta didik yang sopan terhadap guru, tenaga kependidikan dan juga interaksi antar siswa. Serta dapat dilihat dari keterampilan membaca, menerjemah, dan memahami teks berbahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Akhlak dan Pembelajaran Kitab Al-Akhlakuzzakiyyah Fi Adabittholibil Mardliyah |
Subjects: | 200 Agama Akhlak dan Tasawuf 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 May 2017 01:20 |
Last Modified: | 21 May 2017 01:20 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1032 |
Actions (login required)
View Item |