Lutfi, Ahmad (2023) Peran Guru PAI dalam Penguatan Nilai-nilai Moderasi Beragama di SMA Negeri 1 Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (302kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (563kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (394kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (670kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (319kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (714kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (294kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
Abstract
Pendidikan agama Islam di SMAN 1 Gebog dituntut untuk selalu menanamkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama agar tercipta kondisi pembelajaran yang kondusif. Nilai-nilai toleransi tersebut didapat dengan cara menumbuhkan sikap moderat dalam beragama pada peserta didik. Salah satu bentuknya yaitu kerja sama baik peserta didik muslim maupun non-muslim dalam berbagai kegiatan sekolah. Hal tersebut tidak terlepas dari peran guru PAI yang membimbing dan mengarahkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam penguatan nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 1 Gebog Kudus. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru PAI dalam penguatan nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 1 Gebog Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu peneliti terjun kelapangan untuk memperoleh data. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sampel penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di SMA Negeri 1 Gebog Kudus. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Guru PAI dalam penguatan nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 1 Gebog Kudus meliputi upaya di dalam pembelajaran PAI dalam bentuk penerapan metode diskusi dan metode kerja kelompok. Sedangkan upaya di luar pembelajaran PAI dalam bentuk pembiasan dan keteladanan. Peran Guru PAI dalam penguatan nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 1 Gebog Kudus meliputi guru sebagai conservator (pemelihara), guru sebagai innovator (pengembang), guru sebagai transmiter (penerus), guru sebagai transformator (penerjemah), guru sebagai organizer. Faktor pendukung peran guru PAI dalam penguatan nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 1 Gebog Kudus antara lain guru yang memiliki kapasitas diri dan pengalaman yang sangat mendukung untuk membangun moderasi beragama dan apresiasi lingkungan sekitar dan wali murid yang selaku warga setempat sangat mendukung terhadap kegiatan sekolah. Faktor penghambat peran guru PAI dalam penguatan nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 1 Gebog Kudus yaitu arus informasi yang berasal dari media sosial. Implikasi penelitian ini yaitu kepada guru PAI hendaknya lebih menguatkan pembiasaan pada prilaku bukan hanya pada konsep dan pengertian. Guru PAI juga diharapkan mampu membangun komunikasi terhadap pihak sekolah untuk membuat kegiatan-kegiatan keagamaan dan memberi pemahaman kepada wali siswa dan masyarakat sekitar tentang kegiatannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Nilai-Nilai Moderasi Beragama. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Jun 2023 07:08 | ||||||
Last Modified: | 20 Jun 2023 07:08 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10351 |
Actions (login required)
View Item |