Thomafi, Moh. Luthfi (2017) PENDIDIKAN SMK BERBASIS PESANTREN : STUDI ANALISIS ATAS PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS PESANTREN DI SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO MAGELANG. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
1-Cover, Pernyataan, Pembimbing.pdf Download (2MB) |
|
Text
2-Abstrak.pdf Download (2MB) |
|
Text
3-Daftar Isi, Daftar Tabel & Gambar.pdf Download (2MB) |
|
Text
4-Bab 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
5-Bab 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
6-Bab 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
7-Bab 4.pdf Download (3MB) |
|
Text
8-Bab 5.pdf Download (2MB) |
|
Text
9-Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendapatkan gambaran perencanaan (Planning) kurikulum berbasis pesantren di SMK Syubbanul Wathon. 2) Mengetahui implementasi kegiatan pengelolaan (Organizing) kurikulum berbasis pesantren di SMK Syubbanul Wathon. 3) Untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan (Actuating) kurikulum berbasis pesantren di SMK Syubbanul Wathon. 4) Mengetahui pengawasan dan evaluasi (Controlling) kurikulum berbasis pesantren di SMK Syubbanul Wathon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study atau field study) dengan metode deskriptif eksploratif yang lokasi penelitiannya di SMK Syubbanul Wathon, Pondok Pesantren API (Asrama Perguruan Islam) Tegalrejo Magelang. Penelitian deskriptif ini mengambil fokus deskriptif eksploratif, yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena. Dalam hal ini, peneliti hanya ini memotret hal-hal yang berkaitan dengan obyek penelitian. Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah kebutuhan out put yang mampu bersaing di dunia kerja sekaligus memiliki kecerdasan spiritual dan karakter mulia Dari permasalahan itu, diperlukan suatu kurikulum pendidikan yang mengintegrasikan kurikulum pendidikan nasional yang memfokuskan pada ketrampilan, dalam hal ini SMK, dengan model pendidikan di pesantren yang memfokuskan kepada kajian keagamaan dan karakter atau akhlak mulia. Adapun hasil penelitian ini adalah desain SMK Berbasis Pesantren Syubbanul Wathon, yang menjadi obyek penelitian, dengan manajemen kurikulum pendidikan yang meliputi perencanaan (Planning), pengelolaan (Organizing), pelaksanaan (Actuating) serta pengawasan dan evaluasi (Controlling). Jika manajemen pendidikan dikelola dengan baik maka akan dapat menjawab persoalan kebutuhan out put yang mampu bersaing di dunia kerja sekaligus memiliki kecerdasan spiritual dan karakter mulia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Berbasis Pesantren; Manajemen Pendidikan Pesantren; Kurikulum SMK |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 May 2017 03:31 |
Last Modified: | 21 May 2017 03:31 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1041 |
Actions (login required)
View Item |