Ilmiyah, Cholisotul (2023) Implementasi Bimbingan Individu Dalam Membentuk Kepribadian Qur’ani Santri Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Ar Ridhlo Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (553kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (566kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (689kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (934kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (617kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (968kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (470kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (582kB) |
Abstract
Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Ar Ridlo Kudus ini merupakan lembaga yang non formal yang sudah mendapatkan izin dari Kementrian Agama Kudus. Salah satu pembimbingan yang dilakukan oleh ustadz atau ustadzah yaitu bimbingan individu. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi bimbingan individu dalam membentuk kepribadian qur’ani santri di TPQ Ar ridhlo Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat bimbingan individu dalam membentuk kepribadian qur’ani santri di TPQ Ar ridhlo Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yaitu Kepala TPQ, Ustadz dan Ustazah TPQ sebagai pembimbing, santri TPQ. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala TPQ, Ustadz dan Ustazah TPQ sebagai pembimbing, santri TPQ. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan mengadakan member check. sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik data collectioan (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan data conclusion drawing (Verificatiaon). Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah: 1) Implementasi bimbingan individu dalam membentuk kepribadian qur’ani santri di TPQ Ar ridlo Kudus yaitu bimbingan individu ini belajar mengaji yang di dalamnya pembimbing berfungsi untuk mendampingi membaca buku Qiro’ati atau membaca Al-Qur’an, mengarahkan hafalan-hafalan dengan benar dan menasehati atau memotivasi. Dan usatdz atau ustadzah sebagai pembimbing dapat membantu santri membentuk pribadi qur’ani yang I’tiqadiyyah, khuliqiyyah, dan amaliyyah serta dalam menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dan menjadi pribadi yang selamat dunia akhirat. 2) Fakor pendukung bimbingan individu dalam membentuk kepribadian qur’ani santri dipengaruhi dari diri sendiri karena keinginan untuk menjadi lebih baik dan menjadi manusia berguna, dukungan orang tua merupakan motivasi terbesar dalam mengembangkan kepribadia qur’ani, peran ustadz atau ustadzah yang membimbing para santri untk membentuk kepribadian qur’ani. Sarana prasarana yang cukup baik untuk membantu santri nyaman. Ada juga faktor penghambat bimbingan individu dalam membentuk kepribadian qur’ani merupakan tidak adanya peraturan yang tegas, ruang jilid yang terbatas, Banyak ustadz atau ustadzah yang belum menguasai dalam hal manajemen bimbingan, dan banyak pembimbing yang doble karena santri yang semakin banyak setiapa tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Individu, Kepribadian Qur’ani | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 06 Jul 2023 01:57 | ||||||
Last Modified: | 06 Jul 2023 01:57 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10468 |
Actions (login required)
View Item |