Mustofa, Mustofa (2023) Pengembangan Electronic Module Mathematic (E-MOMATH) Berbasis STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Himpunan Siswa MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (133kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (184kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (250kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (459kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (555kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (266kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian : (1) Untuk mengetahui proses pengembangan E-Momath berbasis Science, Techonology, Engineering, Arts and Mathematic (STEAM) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi himpunan siswa MTs. (2) Untuk mengetahui validitas E-Momath berbasis STEAM dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi himpunan siswa MTs. (3) Untuk mengetahui kepraktisan penggunaan E-Momath berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi himpunan siswa MTs. (4) Untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Setelah Diberikan Pembelajaran dengan E-Momath Berbasis STEAM Materi Himpunan siswa MTs. Jenis penelitian ini menggunakan Research And Development (RND). Pengembangan yang dilakukan merupakan pengembangan E-Modul berbasis STEAM. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu define (pendefisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Kevalidan dan kepraktisan dari pengembangan modul diujicobakan melalui ahli materi dan ahli media serta peningkatan kemampuan memecahkan masalah di uji cobakan pada siswa MTs Sunan Barmawi Morodemak. Penulis menghasilkan penembangan E-MOMATH Berbasis STEAM dengan uji coba kevalidan dari ahli media mendapatkan nilai rata – rata 73,16 % dengan kriteria valid, ahli materi mendapatkan nilai rata – rata 94,4% dengan kriteria sangat valid. Uji Kepraktisan yang diperoleh dari guru dan peserta didik yaitu sebesar 83% dan 87,89% keduanya dalam kategori sangat praktis. Serta uji untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dari nilai postest dan pretest mendapatkan nilai 0,44 dalam kategori sedang. Maka E-MOMATH berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi himpunan siswa MTs dapat digunakan dalam media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | E- MOMATH, STEAM, Kemampuan Pemecahan Masalah, Himpunan. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2023 06:32 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2023 06:32 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10648 |
Actions (login required)
View Item |