Pengaruh Literasi Keuangan Digital, kemudahan prosedur dan keamanan terhadap Keputusan Menabung di Bank Digital dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating

Azkiyah, Kiki Pengaruh Literasi Keuangan Digital, kemudahan prosedur dan keamanan terhadap Keputusan Menabung di Bank Digital dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating. Pengaruh Literasi Keuangan Digital, kemudahan prosedur dan keamanan terhadap Keputusan Menabung di Bank Digital dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating. (Unpublished)

[img] Text
jurnal kiki azkiyah.docx

Download (105kB)
[img] Text
jurnal kiki azkiyah.docx

Download (105kB)

Abstract

PENGARUH LITERASI KEUANGAN DIGITAL, KEMUDAHAN PROSEDUR, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK DIGITAL DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING Kiki Azkiyah 1917202054 Email: kikiazkiyah163@gamil.com Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Abstrak Perkembangan teknologi dirasakan seluruh sektor kehidupan termasuk pada sektor jasa keuangan dan perbankan. Layanan berbasis digital gencar dilakukan lembaga perbankan mengikuti preferensi masyarakat yang terus condong dalam melakukan transaksi secara swalayan dengan memanfaatkan fitur saluran digital via internet. Pesatnya pertumbuhan bank digital di Indonesia menjadikan nilainya terus tumbuh positif dan solid pada sisi penghimpunan dana pihak ketiga (DPK). Keputusan dalam menggunakan layanan digital dapat dipengaruhi beberapa faktor baik berasal dari faktor psikologis, faktor pribadi maupun faktor sosial. Penelitian ini memfokuskan apakah faktor literasi keuangan digital, kemudahan prosedur dan keamanan mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah menabung di bank digital dan apakah religiusitas dapat memoderasi literasi keuangan digital, kemudahan prosedur, dan kemanan terhadap keputusan nasabah menabung di bank digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik non-probability sampling metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 dan menggunakan 3 variabel independen yaitu literasi keuangan digital, kemudahan prosedur dan keamanan serta satu variabel moderating yaitu religiusitas. Teknik analisis yang digunakan adalah Moderated Regresion Analiysis (MRA). Hasil penelitian ini menujukan bahwa variabel literasi keuangan digital, dan keamanan berpengaruh terhadap keputusan menabung di bank digital sedangkan variabel kemudahan prosedur tidak berpengaruh terhadap keputusan menabung. Kemudian Religiusitas tidak dapat memoderasi literasi keuangan digital, kemudahan prosedur dan keamanan terhadap keputusan menabung di bank digital. Kata kunci: Literasi Keuangan Digital, Kemudahan Prosedur, Keamanan, Keputusan, Religiusitas.

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kiki Azkiyah KA
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:39
Last Modified: 25 Sep 2024 04:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10682

Actions (login required)

View Item View Item