Peran Bimbingan Keagamaan dalam Membentuk Akhlakul Karimah Anak di TPQ Al-Hijrah Gondangmanis Bae Kudus

Hidayah, Arum Candra (2023) Peran Bimbingan Keagamaan dalam Membentuk Akhlakul Karimah Anak di TPQ Al-Hijrah Gondangmanis Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (408kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (667kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (664kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (402kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (717kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (414kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan antara lain ialah: 1) menganalisis penerapan bimbingan keagamaan dalam membentuk akhlakul karimah anak di TPQ Al-Hijrah. 2) menganalisis peran bimbingan keagamaan dalam membentuk akhlakul karimah anak di TPQ Al-Hijrah. 3) menganalisis faktor pendukung dan penghambat penerapan bimbingan keagamaan dalam membentuk akhlakul karimah anak di TPQ Al-Hijrah Gondangmanis Bae Kudus. Berdasarkan pada tujuan tersebut, penelitian ini mengacu pada metode kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini di TPQ Al-Hijrah yang terletak di Desa Gondangmanis Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer berasal dari subyeknya langsung yaitu kepala TPQ Al-Hijrah, para pembimbing agama dan juga orang tua anak didik. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari dokumen-dokumen yang dimiliki oleh pengurus TPQ Al-Hijrah yang mendukung penelitian ini. Pengujian keabsahan data dengan cara ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensi dan membercheck. Sementara teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Dari hasil penelitian yang peneliti teliti menemukan bahwa: 1) penerapan bimbingan keagamaan dalam membentuk akhlakul karimah anak di TPQ Al-Hijrah dilaksanakan selama 6 hari. Bimbingan yang diterapkan ialah bimbing BTA dan tahfidzul Qur’an dengan metode Qiro’ati, bimbingan ngaji kitab dengan metode tatap muka secara kelompok, bimbingan akhlak dengan metode bil hikmah, qudwah/uswah, ta’wid, targhib, dan tarhib. 2) peran bimbingan keagamaan dalam membentuk akhlakul karimah anak di TPQ Al-Hijrah sebagai pencegahan, pemahaman serta pengembangan akhlak dan perubah kebiasaan negatif. 3) faktor pendukung penerapan bimbingan keagamaan dalam membentuk akhlakul karimah anak di TPQ Al-Hijrah Gondangmanis Bae Kudus ialah kepercayaan dan motivasi orang tua serta kesadaran pada diri anak. Sedangkan faktor penghambat penerapan bimbingan keagamaan dalam membentuk akhlakul karimah anak di TPQ Al-Hijrah Gondangmanis Bae Kudus ialah kurangnya pembimbing agama, kenakalan anak didik dan lingkungan sekitar rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Bimbingan, Keagamaan, Akhlakul Karimah
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:11
Last Modified: 28 Jul 2023 02:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10720

Actions (login required)

View Item View Item