Implementasi Filosofi Gusjigang dalam Pembiasaan Nilai Karakter pada Madrasah Tsanawiyah di Lingkungan LP Ma’arif

Murtafi’ah, Lailatul (2023) Implementasi Filosofi Gusjigang dalam Pembiasaan Nilai Karakter pada Madrasah Tsanawiyah di Lingkungan LP Ma’arif. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (364kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (363kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (872kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui implementasi filosofi Gusjigang dalam pembiasaan nilai karakter pada madrasah tsanawiyah di lingkungan LP Ma’arif. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi filosofi Gusjigang dalam pembiasaan nilai karakter pada madrasah tsanawiyah di lingkungan LP Ma’arif. 3) Untuk mengetahui dampak implementasi filosofi Gusjigang dalam pembiasaan nilai karakter pada madrasah tsanawiyah di lingkungan LP Ma’arif. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif pada madrasah tsanawiyah di lingkungan LP Ma’arif NU Kudus. Subjek yang dipilih peneliti terdiri dari ketua LP Ma’arif NU Kudus, kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS, guru mata pelajaran akidah akhlak dan peserta didik di MTs NU Al-Hidayah, MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus, dan MTs NU Ma’rifatul Ulum. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS, guru mata pelajaran akidah akhlak, dan peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumentasi terkait profil sekolah dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penguji keabsahan data yang digunakan antara lain triangulasi sumber, tringulasi teknik atau metode pengumpulan data yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta tringulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Implementasi filosofi Gusjigang dalam pembiasaan nilai karakter pada madrasah tsanawiyah di lingkungan LP Ma’arif. Meliputi : a) Kegiatan pembiasaan peserta didik untuk mengimplementasikan nilai karakter Gusjigang. b) Integrasi pada mata pelajaran IPS dan akidah akhlak untuk mengimplementasikan nilai karakter Gusjigang. c) Kegiatan ekstrakulikuler untuk mengimplementasikan nilai karakter Gusjigang. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi filosofi Gusjigang dalam pembiasaan nilai karakter pada madrasah tsanawiyah di lingkungan LP Ma’arif. Meliputi : a) Faktor pendukungnya yaitu koordinasi dan evaluasi penilaian akhir semester di LP Ma’arif NU Kudus, kebijakan dan peraturan dari kepala madrasah, bimbingan konseling, guru piket, dan guru yang kompeten. b) Faktor penghambatnya yaitu lingkungan, orang tua, handphone, dan karakter peserta didik. 3) Dampak implementasi filosofi Gusjigang dalam pembiasaan nilai karakter pada madrasah tsanawiyah di lingkungan LP Ma’arif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalaq, YusufUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai pendidikan karakter, Gusjigang, Pembiasaan, Mata Pelajaran IPS dan Akidah Akhlak
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:32
Last Modified: 28 Jul 2023 06:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10729

Actions (login required)

View Item View Item