Ardiningsih, Sri (2023) Peran Ulama’ Dalam Memberdayakan Anak Yatim Piatu Melalui Pondok Pesantren Nurul Aitam Desa Pasir Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (990kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (359kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (577kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (353kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (564kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (301kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga pokok tujuan , Pertama, Mendeskripsikan bagaimana peran Ulama’ dalam memberdayakan anak yatim piatu melalui Pondok Pesantren Nurul Aitam; Kedua, Mengetahui bagaimana proses pemberdayaan anak yatim piatu melalui Pondok Pesantren Nurul Aitam; Ketiga, Mengetahui bagaimana kendala dan tingkat keberhasilan dalam kegiatan pemberdayaan anak yatim melalui Pondok Pesantren Nurul Aitam. Fokus penelitian ini adalah peran Ulama’ dalam memberdayakan anak yatim piatu melalui Pondok Pesantren, yang mana peran Ulama dalam penelitian ini sebagai fasilitator/penggerak masyarakat terhadap permasalahan yang ada di Pondok Pesantren terutama dalam pengembangan Pondok Pesantren dan poses pemberdayaan terhadap anak yatim piatu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi lapangan, dengan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengambilan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini ada 9 terdiri dari: Pengasuh, perwakilan 2 anak asuh (anak yatim-piatu), pendamping belajar anak asuh, 3 Ulama Desa Pasir, Sekretaris Desa, dan masyarakat desa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori analisis dari Milles dan Huberman yakni analisis yang terdiri dari empat alur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, pengembangan dan proses pemberdayaan terhadap anak yatim tidak lepas dari peran serta pemerintah desa, masyarakat desa dan tokoh agama (Ulama’). Dapat disimpulkan bahwa peran Ulama’ sebagai actor utama atau penggerak masyarakat. Peran Ulama dalam memberdayakan anak yatim piatu di Desa Pasir yaitu: sebagai penasehat, sebagai pengembangan kesadaran masyarakat Desa Pasir, menciptakan program “tabungan akhirat sebagai bentuk penghubung solidaritas sosial, sebagai pengasuh dan pengurus Pondok Pesantren Nurul Aitam, sebagai pendidik agama (guru), pembimbing akhlak dan moral dengan muidzoh serta sebagai motivator. Kedua, pemberdayaan anak yatim piatu melalui Pondok Pesantren Nurul Aitam meliputi: bidang pendidikan, bidang keagamaan, bidang ketrampilan dan bidang bantuan sosial. Terdapat 3 proses dalam pemberdayaan anak yatim yakni proses penyandaran, pembekalan ketrampilan dan partisipasi anak yatim piatu. Ketiga, kendalanya anak yatim piatu sendiri merasa bosan, nakal, sulit diatur dan lainnya. Dan ada beberapa kegiatan dalam bidang ketrampilan yang kurang maksimal seperti pelatihan Seni Baca Qur’an (tilawah) serta kurangnya pendampingan belajar anak asuh di malam hari. Tingkat keberhasilan dalam pemberdayaan anak yatim piatu melalui Pondok Pesantren Nurul Aitam 85%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Ulama’, Pemberdayaan anak yatim, Pondok Pesantren | ||||||
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2023 02:43 | ||||||
Last Modified: | 02 Aug 2023 02:43 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10749 |
Actions (login required)
View Item |