Murni, Wulan (2017) STRATEGI MENGATASI SISWA UNDERACHIEVEMENT DI MTS DARUL ULUM PURWOGONDO KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk strategi mengatasi siswa underachievement di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara, untuk mengetahui penerapan strategi mengatasi siswa underachievement di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara, dan untuk mengetahui hasil pelaksanaan strategi mengatasi siswa underachievement di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada uji keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahasa refrensi dan mengadakan member chek. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga bentuk strategi yang digunakan dalam strategi mengatasi siswa underachievement di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara, pertama memberikan motivasi serta dorongan kepada siswa underachiever, kedua dengan menggunakan pendekatan individual pada siswa underachiever, dan yang ketiga yaitu mengadakan kerja sama antara keluarga dengan sekolah. Selain itu dengan menggunakan model tri fokal, dimana perlakuan ini terkait dengan kerja sama antara sekolah dan rumah yang mencakup enam langkah, diantaranya yaitu assesmen, komunikasi, mengubah harapan, model identifikasi peran, koreksi penyimpangan dan modifikasi kekuatan pengulang. Diantara penyebab yang dialami oleh mereka dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu faktor keluarga, faktor sekolah serta faktor dari dalam diri mereka sendiri. Selain ketiga factor tersebut ada juga faktor emosi dan motivasi serta faktor yang berhubungan dengan strategi belajar. Dalam pelaksanaan strategi mengatasi siswa underachievement di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara sudah sangatlah baik, hal itu bisa dilihat dari adanya berbagai kerja sama dengan orang tua siswa underachiever. Dan semakin terciptanya suasana kelas yang sangat suportif dalam proses pembelajaran guna menunjang peningkatan prestasi belajar siswa, terutama siswa underachiever. Sehingga hasil dari pelaksanaan strategi mengatasi siswa underachievement di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara bisa dikatakan berhasil. Hal itu bisa dilihat dari perilaku siswa yang menunjukkan perkembangan yang positif, dan hasil dari penilaian kepribadian yang dilakukan oleh madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Mengatasi Siswa Underachievement |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 May 2017 04:15 |
Last Modified: | 25 May 2017 04:15 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1090 |
Actions (login required)
View Item |