ETIKA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN (STUDI ANALISIS TERHADAP KITAB AL AKHLAK AZZAKIYYAH FI ADABI ATTHOLIB AL MARDIYYAH KARYA SYEIKH AHMAD BIN YUSUF BIN MUHAMMAD AL AHDAL DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER).

Abdu’i, Ahmad Habib (2017) ETIKA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN (STUDI ANALISIS TERHADAP KITAB AL AKHLAK AZZAKIYYAH FI ADABI ATTHOLIB AL MARDIYYAH KARYA SYEIKH AHMAD BIN YUSUF BIN MUHAMMAD AL AHDAL DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER). Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (384kB)
[img] Text
04 bab I.pdf

Download (461kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (628kB)
[img] Text
06 bab III.pdf

Download (410kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (772kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (400kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pemikiran etika Syeikh Ahmad Al Ahdal dan relevansinya bagi pendidikan Islam kontemporer. Berdasar jenisnya, skripsi ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif analitis di mana datanya di peroleh melalui sumber literatur, yaitu melalui riset kepustakaan. Dalam pengumpulan data, terdapat dua macam yaitu data primer dan data sekunder . Data primer yaitu kitab Al Akhlak Az Zakiyyah fi Adabit At Tholib Al Mardiyyah karya Syeikh Ahmad Al Ahdal. Sedangkan data sekunder, yaitu data yang berupa bahan pustaka yang memiliki kajian yang sama yang di hasilkan oleh pemikir yang lain. Metode analisis yang di gunakan penulis adalah metode interpretasi untuk mengungkapkan esensi pemikiran Syeikh Ahmad Al Ahdal tentang etika peserta didik, yaitu dengan metode deduksi yang kemudian di tarik kesimpulan . Kesimpulan bahwa sebenarnya konsep etika peserta didik menurut Syeikh Ahmad Al Ahdal lebih menekankan pada pemberdayaan ketulusan hati dan rasa ta’dim peserta didik dalam pembelajaran, baik etika kepada diri sendiri,guru, elajaran, kitab, dan ketika bergaul dengan masyarakat. Hal ini tentu sangat relevan bagi pendidikan Islam kontemporer yang merindukan peserta didik yang cerdas akademis dan beretika yang luhur (akhlakul karimah) dalam kehidupan sehari – harinya .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika peserta didik; pembelajaran; kitab Al Akhlak Azzakiyyah fi Adabi Attholib al Mardiyyah; Syeikh Ahmad bin Yusuf bin Muhammad al Ahdal
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 390 Adat Istiadat > Etiket, Sopan Santun
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2017 05:18
Last Modified: 25 May 2017 05:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1103

Actions (login required)

View Item View Item