Arif, Muhammad Samsul (2023) Karakteristik Pendidik Berparadigma Profetik (kajian Al-Qur’an Surah Ar-Rahman Ayat 4 dan Surah Yasin ayat 17 dan 21). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (696kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (391kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (347kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (621kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (672kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (431kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (797kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (418kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (456kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kandungan Al-Qur’an Surah ar-Rahman Ayat 4 dan Surah Yasin ayat 17 dan 21. (2) Untuk mengetahui karakteristik pendidik berparadigma profetik dalam Al-Qur’an Surah ar-Rahman Ayat 4 dan Surah Yasin ayat 17 dan 21dan ( 3) Untuk mengetahui relevansi karakteristik pendidik berparadigma profetik dalam Al-Qur’an Surah ar-Rahman Ayat 4 dan Surah Yasin ayat 17 dan 21 dengan realitas kekinian? Penelitian yang penulis gunakan dalam penilitian ini termasuk penelitian jenis kepustakaan (library research). Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan hermeneutik Paul Ricoeur. Tehnik dalam mengumpulkan data penelitian ini, penulis menggunakan metode maudhu’i (tematik). Sedangkan untuk uji keabasahan datanya penulis menggunakan teknik triangulasi baik sumber, teori dan triangulasi metode. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis isi (Content Analysis), metode hermeneutik dan juga dengan metode induktif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Isi kandungan Surah Ar-Rahman Ayat 4 dimana pendidik harus memiliki sikap penyayang dan memiliki kemampuan berinteraksi atau kompetensi Sosial. Sementara Isi kandungan surah yasin ayat 17 dimana seorang pendidik memiliki peran untuk mennyampaikan risalah dengan jelas sebagaimana para nabi. Dalam konteks ini secara konkret pendidik menjadi uswah hasanah (teladan). Sedangkan isi kandungan surah yasin ayat 21 dimana menjadi seorang pendidik harus ikhlas tanpa mengharapakan imbalan saat mengajar. (2) Karakteristik pendidik profetik yang terdapat dalam Surah Ar-Rahman secara konkret pendidik harus menanamkan sikap penyayang dan tabligh atau penyampai risalah dengan sebenar-benarnya. Sementara Karakteristik pendidik profetik yang terdapat dalam Surah yasin ayat dimana pendidik ideal adalah orang yang profesional dalam menjalankan tugas, sehingga gaji tidak lagi menjadi prioritas. (3) Relevansi ayat-ayat al-Qur’an tentang karakteristik pendidik berparadigma profetik relevan, karena mayoritas pendidik menjalankan tugasnya penuh dengan kasih sayang dan dilengkapi dengan kompetensi yang mumpuni. Sementara jika berbicara pendidik yang terkonsep dalam al Qu’an khusnya surah yasin ayat 21 maka dalam pandangan penulis pendidik yang ada di era kekinian belum sepenuhnya dapat mengikuti apa yang tergambarkan dalam surah yasin ayat 21 dimana gaji tidak lagi menjadi prioritas atau tidak mengharapakan imbalan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Karakteristik Pendidik dan Profetik | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 04:45 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 04:45 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11133 |
Actions (login required)
View Item |