Qoniah, Siti (2023) Analisis Kemampuan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Koneksi Matematis pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Self Confidence. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (912kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (326kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (282kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (543kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (485kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (572kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (296kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu bidang penting sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan kemampuan tingkat tinggi siswa. Adapun mata pelajaran yang memiliki peran utama dalam meningkatkan kemampuan siswa adalah matematika. Matematika dapat membentuk kemampuan siswa, dua diantaranya ialah kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan koneksi matematis siswa. Yang dalam penelitian ini kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau berdasarkan self confidence siswa atau rasa percaya diri siswa. Siswa akan lebih termotivasi dan akan lebih suka belajar matematika jika mereka memiliki self confidence dalam diri mereka , yang nantinya dapat meningkatkan prestasi mereka. Sementara materi matematika yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari dan juga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan koneksi matematis siswa yaitu program linear system pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV). Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis dan koneksi matematis siswa pada materi system pertidaksamaan linear dua varibel yang ditinjau dari self convidence siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 6 siswa yang dipilih berdasarkan kriteria mewakili siswa lainnya. Kriteria tersebut diantaranya dua siswa memiliki kemampuan tingkat tinggi, dua siswa memiliki kemampuan tingkat sedang, dan dua siswa memiliki kemampuan tingkat rendah. Pengelompokan kriteria tersebut yaitu berdasarkan perhitungan standar deviasi dari hasil tes tertulis siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain tes tertulis, wawancara dengan 6 sampel penelitian, observasi dan dokumentasi saat kegiatan tes tertulis berlangsung. Tahapan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu reduksi data terhadap data-data yang telah dikumpulkan, penyajian data yaitu dengan menyusun narasi dari sekumpulan data yang telah direduksi dan verifikasi sebagai penarikan kesimpulan akhir dari analisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki self confidence tinggi memiliki kemampuan koneksi matematis dengan tingkat tinggi yakni mampu mampu mengoneksikan antar materi matematika, mampu mengoneksikan materi matematika dengan ilmu lainnya, dan mampu mengoneksikan materi matematika dengan kehidupan sehari-hari. Dan untuk kemampuan pemecahan masalahnya juga tingkat tinggi yakni mampu memenuhi seluruh kategori dalam indicator memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali jawaban. Dan untuk Siswa yang memiliki self confidence tingkat sedang memiliki kemampuan koneksi matematisnya juga tingkat sedang yakni mampu mengoneksikan antar materi matematika, mengoneksikan materi matematika dengan kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, belum mampu mengoneksikan materi matematika dengan ilmu lainnya. Dan untuk kemampuan pemecahan masalahnya juga tingkat sedang yakni mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali jawaban. Akan tetapi, kurang mampu dalam proses penyelesaian masalah. Sementara siswa yang memiliki self confidence tingkat rendah memiliki kemampuan koneksi matematis rendah yakni mampu mengoneksikan materi matematika dengan kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, belum mampu mengoneksikan antar materi matematika, dan juga belum mampu mengoneksikan materi matematika dengan ilmu lainnya. Dan untuk kemampuan pemecahan masalahnya juga tingkat rendah, mampu memahami masalah akan tetapi, kurang mampu dalam merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali jawaban.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Kemampuan Koneksi Matematis Siswa, Self Convidence, Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik Ilmu-Ilmu Murni > Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 08:20 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 08:20 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11185 |
Actions (login required)
View Item |