Zukhrufa, Sitta (2023) Integrasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Spiritual Entrepreneurship Peserta Didik SMK NU Banat Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (854kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (219kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (231kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (392kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (676kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (264kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (731kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (198kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep integrasi, karakteristik, dan implementasi pembelajaran PAI dalam pengembangan spiritual entrepreneurship peserta didik SMK NU Banat Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi terus terang, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Integrasi pembelajaran PAI dimaknai sebagai pembauran mata pelajaran PAI dengan entrepreneurship yang mengacu pada capaian pembelajaran kejuruan. Integrasi pembelajaran PAI dilakukan melalui proses sinkronisasi materi, proyek, evaluasi, dan kebiasaan sehari-hari di SMK NU Banat Kudus. Pembelajaran integratif diterapkan sejak tahun pelajaran 2019/2020 dengan tujuan agar pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik, lebih riil, dan bermakna. 2) Pembelajaran PAI di SMK NU Banat Kudus memiliki karakteristik memegang spirit aswaja an-nah/diyyah, materi terintegrasi dengan fashion dan entrepreneurship, menumbuhkan spiritual entrepreneurship, dan melaksanakan evaluasi berbasis tematik integratif. 3) Implementasi pembelajaran PAI dalam pengembangan spiritual entrepreneurship peserta didik SMK NU Banat Kudus meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Integrasi PAI terlihat dalam perencanaan pembelajaran pada sinkronisasi materi PAI dengan fashion dan entrepreneurship. Selanjutnya guru PAI melengkapi perangkat ajar meliputi capaian pembelajaran (CP), alur tujuan pembelajaran (ATP), dan modul ajar (MA). Pada pelaksanaan pembelajaran, integrasi terlaksana pada pendahuluan, inti, dan penutup. Integrasi sangat menonjol dalam materi dan evaluasi. Proses evaluasi pembelajaran PAI di SMK NU Banat Kudus dilaksanakan dengan tes tematik integratif.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Integrasi Pembelajaran, PAI, Spiritual Entrepreneurship | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Wirausaha 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 08:22 | |||||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 08:22 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11186 |
Actions (login required)
View Item |