Mawarda, Layyina (2017) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA DAHLIA BORDIR KUDUS). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (936kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (862kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (959kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Setiap perusahaan dituntut untuk selalu mengerti dan memahami apa yang terjadi di pasar dan apa yang menjadi keinginan konsumen.Tujuan dari suatu bisnis adalah menciptakan kepuasan terhadap pelanggan. Berbisnis dibutuhkan sebuah etika agar tercipta kepercayaan antara penjual dan pembeli. Setelah pelanggan percaya terhadap produk yang ditawarkan, maka pelanggan akan merasa puas. Seringkali pelanggan tidak merasa puas dengan produk yang dibeli karena adanya kecacatan atau kerusakan yang tidak diketahui sebelumnya dan juga dengan pelayanan yang kurang ramah dari penjual. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan secara umum untuk mengetahui implementasi etika bisnis Islam dalam kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian deskriptif, dan untuk memecahkan maalah dengan analisa kualitatif, sumber data primerdan sekunder. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi yang diperoleh dari responden (pemilik, karyawan dan pelanggan Dahlia Bordir Kudus). Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa Dahlia Bordir dalam mempraktekkan bisnis yaitu dengan menerapkan prinsip etika bisnis Islam, seperti jujur dalam takaran (quantity), menjual barang yang baik mutunya (quality), dilarang menggunakan sumpah (al-qasm), longgar dan bermurah hati (tasamuh dan tarahum), membangun hubungan baik antar kolega, tertib administrasi dan menetapkan harga dengan transparan. Agar tingkat kepuasan pelanggan tercapai, mendapatkan keberkahan, bisnis terus berkembang dan mampu bersaing dengan perusahaan lain, Dahlia Bordir menggunakan strategi dengan meningkatkan kepuasan pelanggan melalui nilai pelanggan, pelayanan kepada pelanggan dan mutu produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam; Kepuasan Pelanggan; Dahlia Bordir |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 390 Adat Istiadat > Etiket, Sopan Santun Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis Bisnis |
Divisions: | Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 31 May 2017 07:56 |
Last Modified: | 31 May 2017 07:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1127 |
Actions (login required)
View Item |