Untsa, Akmaliyatul (2016) PROSES HAFALAN AL-QUR’AN PADAPONDOK PESANTREN DAAR AL-FURQON JANGGALAN KOTA KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1.Cover.pdf Download (7MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (369kB) |
|
Text
3. daftar isi.pdf Download (338kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (7MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (7MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (7MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (7MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (7MB) |
|
Text
9. Daftar pustaka.pdf Download (7MB) |
Abstract
Sudahdimaklumibersamadansudahsangatjelas, bahwamenghafal Al-Qur’an bukanlahtugas yang mudah, sederhana, sertadapatdilakukankebanyakan orang tanpameluangkanwaktukhusus, kesungguhanmengarahkankemampuandankeseriusan, karenamenghafal Al-Qur’an merupakantugas yang sangatagungdanbesar. Olehkarenaitudiperlukansuatucara yang dapatmembantumempermudahdalammenghafalkan Al-Qur’an santripondokpesantrenDaar Al-FurqonJanggalan Kota Kudus. Dalammenyelesaikanhafalan 30 juzsangatmembutuhkanusaha yang kerasdanbanyaksekaliproblematika yang dihadapi.Jikamotivasidanminat yang dimilikisantrilemahmakaproblematikatersebutbisamenjadi factor kegagalandalammenghafal Al-Qur’an.Karenanyadibutuhkansekalipembimbing yang bisamembantuuntukselalumemberimotivasidanmengontrolnyasecaraterusmenerus agar santriselalumenjagahafalannya. Penelitianinidilakukandenganmenggunakanjenispendekatankualitatifdeskriptif.Informanpenelitiiniadalahpengasuh, ustdzah, santri alumni, penguruspondokpesantrenDaar Al-FurqonJanggalan Kota Kudus.Sedangkanpengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikwawancara, observasidandokumentasi.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuisebagaimana proses hafalan Al-Qur’an padapondokpesantrenDaar Al-FurqonJanggalankota kudus dankendala yang terjadidari proses menghafal al-qur’an di pondokpesantrenDaar Al-Furqon.. Dan manfaatnyaadalahdiharapkandapatmemberikansolusidanmasukanmengenaipelaksanaanhafalan Al-Qur’an di pondokpesantrendaar Al-Furqonjanggalan Kota Kudus. Hasildaripenelitianinimengenai proses menghafal Al-Qur’an dipondokpesantrenDaar Al-Furqonadalahsetorankepadaustadzah, mengadakanpendalamanilmutajwid, talaqqikepadapengasuh, mengadakanrutinansemaan Al-Qur’an, ImtihanHifdzil Qur’an, testiapkelipatan 5 juz, shalattasbih, riyadlohan, menanamkankedisiplinandanmengadakanbimbingandanpembinaan. Sedangkankendala yang dialamiyaitutidakadanyaperencanaan yang jelas, kurangnyatotalitassantridalammenghafal Al-qur’an, adanyasantri yang menganggapremehperaturanpondok, tidakadanya target waktu yang telahditentukanpondokpesantrendankurangpemahamandanpengamalanfungsitajwiddalammembaca Al-qur’an. Kata Kunci : Proses Hafalan Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Jun 2017 01:52 |
Last Modified: | 04 Jun 2017 01:52 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1131 |
Actions (login required)
View Item |