Irfanti, Ika (2023) Implementasi Pendidikan Pesantren Berbasis Kewirausahaan Dalam Membentuk Karakter Religius dan Kemandirian Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Islah Kadilangu Trangkil Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (444kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (533kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (752kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (829kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (602kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (899kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (354kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan pesantren berbasis kewirausahaan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qu’an Al-Islah dalam pendidikan non formal, menjelaskan peran pengasuh pondok pesantren dalam membentuk karakter religius dan kemandirian santri, serta menjelaskan faktor pendorong dan faktor penghambat pendidikan pesantren berbasis kewirausahaan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qu’an Al-Islah. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field researc). Subyek penelitian yaitu pengasuh pondok pesantren, santri dan warga sekitar pondok pesantren sebagai penanggung jawab usaha pesantren. Tahap pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Islah merupakan pondok pesantren salaf dimana mengajarkan santrinya pendidikan keagamaan pada umumnya pondok pesantren. Tetapi yang membedakan pondok pesantren ini juga mengajarkan pendidikan kewirausahaan. Sehingga pelaksanaan pendidikan pesantren berupa pendidikan keagamaan dengan menggunakan metode pembiasaan sedangkan pendidikan kewirausahaan menggunakan metode penugasan. Dari pendidikan yang dilaksanakan akan membentuk karakter religius dan kemandirian santri. Dalam pembentukan karakter religius dan kemandirian terdapat peran dari pengasuh pondok pesantren yaitu sebagai pendidik, pembimbing, memberi contoh, suri tauladan yang baik bagi santrinya. Serta terdapat faktor pendorong yaitu: motivasi dan semangat dari pengasuh pondok pesantren kepada santri, pembiasaan santri, sikap disiplin dan tanggung jawab santri, keikutsertaan santri mengikuti kegiatan pendidikan, fasilitas yang cukup memadai, ketrampilan berwirausaha santri, keseimbangan antara belajar dan bekerja. Sedangkan faktor penghambat yaitu: kurangnya tenaga pengajar pembina kegiatan pendidikan kewirausahaan, takut mengambil resiko, dan rasa malas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pondok Pesantren, Religius, Kemandirian | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam > Pesantren 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2023 06:33 | ||||||
Last Modified: | 25 Oct 2023 06:33 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11395 |
Actions (login required)
View Item |