Hubungan Resiliensi Matematis Dengan Berpikir Kritis Matematis Siswa Materi Persamaan Kuadrat

Achadiyah, Ifada (2023) Hubungan Resiliensi Matematis Dengan Berpikir Kritis Matematis Siswa Materi Persamaan Kuadrat. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (854kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (445kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (713kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (379kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)

Abstract

Resiliensi matematis dan berpikir kritis matematis merupakan aspek soft skills yang harus diketahui dan dimiliki siswa maupun pengajar pada pembelajaran matematika. Banyak siswa yang mendoktrin pelajaran matematika sulit termasuk pada materi persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat. Pembelajaran materi persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat hendaknya dapat dijadikan sebagai aktivitas dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswanya, sebab kemampuan berpikir kritis tidak ada sejak lahir dan tidak berkembang secara alami serta potensi intelektual yang bisa dikembangkan pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi matematis dan berpikir kritis matematis siswa pada materi persamaan kuadrat di MTs NU Nurul Huda Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs NU Nurul Huda Kudus tahun ajaran 2022/2023 terdiri dari 8 kelas, yaitu kelas IX-A sampai kelas IX-H. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling, maka terpilih sampel kelas IX-G. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berpikir kritis matematis dan angket resiliensi matematis. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara resiliensi matematis dan berpikir kritis matematis siswa pada materi persamaan kuadrat kelas IX MTs NU Nurul Huda Kudus. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji korelasi product moment diperoleh nilai koofesien korelasi sebesar 0,534 merupakan angka positif dan nilai signifikansinya 0,002 < 0,05. 2) Besar hubungan antara resiliensi matematis dan berpikir kritis matematis siswa pada materi persamaan kuadrat kelas IX di MTs NU Nurul Huda Kudus dengan presentase % dipengaruhi faktor lain di luar penelitian. Resiliensi matematis 28,51% ditentukan oleh kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefesien determinasi dengan R square sebesar 0,2851.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalasari, Putri NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Resiliensi Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Pembelajaran Matematika.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:33
Last Modified: 26 Oct 2023 07:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11413

Actions (login required)

View Item View Item