Dinamika Respon Masyarakat Terhadap Bank Syariah di Kudus : Antara Priyayi, Santri dan Abangan

Sari, Ratna Kumala (2023) Dinamika Respon Masyarakat Terhadap Bank Syariah di Kudus : Antara Priyayi, Santri dan Abangan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
05. BBAB II.pdf

Download (879kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (382kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (494kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)

Abstract

Salah satu pemicu perkembangan perbankan syariah adalah mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama islam serta adanya kesadaran mereka untuk berperilaku secara Islami termasuk dalam bidang ekonomi. Bank syariah merupakan bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah atau hukum islam. Dengan adanya bank syariah dapat mengetahui respon masyarakat terhadap pendapat dan sikap bank syariah dalam bentuk respon yang positif maupun negatif terhadap obyek atau situasi pada bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi dan respon terhadap bank syariah pada masyarakat di Kudus antara: Priyayi, Santri dan Abangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan, mengeksplorasi dan memahami makna permasalahan yang sedang dikaji. Subyek penelitian ini adalah Masyarakat Muslim di Kudus : antara Priyayi, Santri dan Abangan. Adapun data dikumpulkan melalui interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan respon Masyarakat Muslim di Kudus: Antara Priyayi, Santri dan Abangan yang bermitra menggunakan bank syariah mulai dari pengetahuan, kemampuan, sikap dan kepercayaan sudah baik mulai dari sistem operasioanlnya maupun bagi hasilnya. Dengan adanya bank syariah dapat terhindar dari unsur riba. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya kemampuan terhadap produk-produk yang ada dibank syariah, melainkan hanya mengetahui produk yang digunakan saja, dan kesadaran serta minat masyarakat sekitar masih tergolong sedikit, sehingga perlu meningkatkan upaya sosialisasi, edukasi terhadap perbankan syariah secara menyeluruh kepada masyarakat, baik melalui media sosial maupun elektronik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHana, Kharis FadlullahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Respon, Bank Syariah, Masyarakat
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jan 2024 08:01
Last Modified: 04 Jan 2024 08:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11784

Actions (login required)

View Item View Item