Asy’ari, M. Rifda (2016) PENERAPAN MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHALAK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MTS N 2 KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 4 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan cara moving class. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru mengondisikan kelas dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada pembelajaran Aqidah Akhlak. Adapun masalah yang dapat dirumuskan adalah bagaimana pembelajaranya,bagaimana penerapan manajemen kelasnya, dan apa faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman pada calon guru dan guru mengenai pentingnya manajemen kelas pada pembelajaran sehingga tencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pembelajaran aqidah akhlak di MTs N 2 Kudus (2) penerapan manajemen kelas pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs N 2 Kudus. (3) faktor pendukung dan penghambat penerapan manajemen kelas pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs N 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi wawancara kepada kepala sekolah, guru akidah akhlak, dan observasi lokasi penelitian dan data sekunder meliputi arsip-arsip tentang keadaan di MTs N 2 Kudus berupa keadaan guru, siswa dan struktur organisasi, maupun dokumen-dokumen yang berupa letak geografis, keadaan sarana dan prasarana. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Untuk pembelajaran di MTs N 2 Mejobo Kudus, sudah ditangani oleh guru mapel itu sendiri, namun ada pihak guru lain yang membantu dalam pembelajaran,sehingga untuk pembelajaran menjadi lebih terbantu. (2) Untukpenerapanmanajemen,Proses belajar mengajar di MTs N 2 Kudus memiliki tahapan yang sistematis meliputi : kegiatan perencanaaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. (3) adapun Faktor yang mendukung pembelajaran aqidah dalam strategi pengelolaan kelas sebagai suatu usaha peningkatan prestasi belajar siswa, baik dukungan fisik maupun non fisik,untuk faktor penghambat dari aspek lingkungan kehidupan siswa sendiri kurangnya dukungan orangtua siswa terhadap anaknya terutama masalah sholat, sehingga kitaberusaha membiasakan diri siswa mengikuti kegiatan keagamaan disekolah. Kata Kunci: Penerapan Manajemen Kelas, Pembelajaran Aqidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Peraturan-Peraturan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 03:33 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 03:33 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1182 |
Actions (login required)
View Item |