Analisis Akad Jual Beli Buah Rambutan dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Guyangan Kecamatan bangsri Kabupaten Jepara)

Wati, Dewi Rahma (2023) Analisis Akad Jual Beli Buah Rambutan dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Guyangan Kecamatan bangsri Kabupaten Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (453kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (566kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (985kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (765kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (452kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (558kB)

Abstract

Jual beli buah rambutan sudah banyak dilakukan dan ada beberapa cara dalam jual beli tersebut. Jual beli yang dilakukan di Desa Guyangan ada tig acara, yaitu. Jual beli biasa, jual beli pesanan dan jual beli tebas. Penelitian ini adalah menjelaskan tentang Jual beli buah rambutan di Desa Guyangan Kecamatan Bangsri Kabupaten jepara dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Dimana menjelaskan akad jual beli buah rambutan yang dilakukan masyarakat, dan penulis akan menganalisis praktik jual beli buah rambutan di Desa Guyangan kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara berdasarkan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak masyarakat yang belum atau tidak mengetahui tata cara jual beli buah yang benar menurut syariat Islam, salah satu contohnya adalah menjual buah yang masih ada dipohon padahal belum ada wujud buah tersebut. Padahal jual beli bisa dikatakan sah jika sudah memenuhi syarat dan rukun yang berlaku. Jual beli ada beberapa macam, seperti jual beli biasa, jual beli pesanan, jual beli tebasan dan lain sebagainya. Dalam penelitian ini menggunakan teori jual beli dan jual beli dengan sistem tebas atau Bai’ jizaf. Pada praktik jual beli buah pohon rambutan yang dilakukan oleh warga di Desa Guyanganl akad jual beli yang digunakan adalah Bai’ al-musawamah dan Bai’ al-salam. Dalam konteks ini, penulis memfokuskan pada tiga prioritas penelitian yakni bagaimana praktik jual beli buah pohon rambutan yang dilakukan oleh warga di Desa Guyangan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara, bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik jual beli tebas pohon rambutan yang dilakukan oleh warga di Desa Guyangan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara, serta apa kendala dan solusi dalam jual beli buah pohon rambutan di Desa Guyangan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan yuridis sosiologis dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan para informan atau subjek penelitian, serta dokumentasi. Berdasarkan data-data yang diperoleh mendapatkan hasil penelitian bahwa praktik jual beli buah rambutan yang ada di Desa Guyangan telah memenuhi rukun dan syarat yang berlaku menurut syariat Islam dan kompilasi hukum ekonomi syariah. Untuk kendala yang ada dalam jual beli buah Rambutan di Desa Guyangan salah satunya adalah menurunnya kualitas buah rambutan, dan solusinya yaitu peningkatan kualitas buah rambutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhaimin, MuhaiminUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buah Rambutan, Jual Beli, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat
Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:57
Last Modified: 23 Jul 2024 03:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11829

Actions (login required)

View Item View Item