Dampak Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Menyimpang Pada Remaja Di Pati

Taufiqusshofi, Mohammad (2023) Dampak Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Menyimpang Pada Remaja Di Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (409kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (284kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (933kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak aplikasi tiktok terhadap pola perilaku remaja dalam menggunakan aplikasi tiktok di Kabupaten Pati, untuk menganalisa dampak dari aplikasi tiktok terhadap remaja di Kabupaten Pati, dan untuk mengetahui bentuk-bentuk penyimpangan sosial dari dampak aplikasi tiktok yang dilakukan remaja di Pati. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggukan snowball sampling dan dianalisis dengan menggunakan jurnal, artikel, serta teori-teori yang terkait dengan judul penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Pola perilaku remaja di Pati terdapat perilaku menyimpang, seperti meminum-minuman keras, merokok, perilaku meniru, dan lupa waktu. (2) Dampak yang dihasilkan remaja pengguna aplikasi tiktok berupa dampak positif yaitu bertambahnya wawasan baru dan menghibur diri, dan dampak negatif yaitu dengan adanya kesenangan bermain tiktok, remaja menjadi lupa akan hak dan kewajiban mereka sebagai pelajar usia remaja. (3) Terdapat dua bentuk penyimpangan, penyimpangan primer dan sekunder. Penyimpangan primer yang dilakukan remaja Pati seperti halnya meniru vidio yang lewat beranda, merokok. Sedangkan penyimpangan sekunder yang dilakukan remaja Pati ialah seperti mengonsumsi minuman keras, sambung ayam, dan berjudi pada saat sambung ayam. Manfaat dari penelitian ini untuk mengetahui bahwa media sosial tidak selamanya memberikan kebermanfaatan untuk mempermudah dalam mencari wawasan, pengetahuan, dan jangkauan, akan tetapi media sosial juga memilki sisi negatif yang dapat merusak moral khususnya pada anak remaja. Oleh karena itu, pentingnya memberikan pengarahan dalam bermedia sosial pada remaja agar lebih memilih fokus fokus ke hal positif yang akan membawa keberuntungan untuk dirinya sendiri. Sehingga untuk kedepannya lebih terjaga pola perilaku meskipun terjadi perubahan zaman yang lebih modern.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaswari, MisrohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Remaja, Aplikasi Tiktok, Perilaku Menyimpang
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Informasi, Karya Umum > 006 Metode Komputer Khusus > 006.754 Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:21
Last Modified: 25 Jul 2024 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11844

Actions (login required)

View Item View Item