Pembinaan Perilaku Sosial Remaja Melalui Pendidikan Karakter Di Panti Asuhan Budi Luhur Jekulo Kudus

Nafi’ah, Hamidatun (2023) Pembinaan Perilaku Sosial Remaja Melalui Pendidikan Karakter Di Panti Asuhan Budi Luhur Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (379kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (463kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan perilaku sosial melalui pendidikan karakter, kebijakan dalam penerimaan penampungan remaja dan hasil pembinaan perilaku sosial melalui pendidikan karakter di Panti Asuhan Budi Luhur Jekulo Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dalam analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh peneliti menunjukkan bahwa pembinaan perilaku sosial remaja melalui pendidikan karakter di Panti Asuhan Budi Luhur Jekulo Kudus dengan strategi pembinaan perilaku sosial dan juga strategi penerapan nilai pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembinaan mental, pembinaan keagamaan, pembinaan intelektual serta pembinaan keterampilan dapat meningkatkan perubahan perilaku sosial anak asuh remaja menjadi lebih positif dan bermanfaat perilakunya. Adapun hasil pembinaan perilaku sosial remaja melalui pendidikan karakter yaitu pada aspek kognitif dilihat dengan perubahan anak asuh remaja pada pengetahuan ilmu agamanya ataupun ilmu lainnya yang meluas. Dari aspek afektif pada perubahan anak asuh remaja dapat dilihat pada kondisi psikologi dan tingakat emosional anak asuh dapat stabil dan terkontrol. Aspek psikomotorik dapat dilihat pada perubahan anak asuh remaja dari perubahan perilaku sosialnya yang berubah menjadi perilaku yang lebih baik dan juga mempunyai keperibadian serta karakter yang baik pula. Seperti anak asuh remaja dapat melaksanakan dan lebih menaati tata tertib serta peraturan yang ada di panti, tidak bolos sekolah , melaksanakan sholat berjama’ah dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku Sosial, Remaja, Pendidikan Karakter
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:41
Last Modified: 25 Jul 2024 02:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11848

Actions (login required)

View Item View Item