Implementasi Layanan Transportasi Antar Jemput Peserta Didik Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa Di MIN 1 Demak

Janah, Asna Fatkhul (2023) Implementasi Layanan Transportasi Antar Jemput Peserta Didik Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa Di MIN 1 Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (736kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (671kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (294kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (494kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Implementasi Layanan Transportasi Antar Jemput Peserta Didik Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa Di MIN 1 Demak. Metode penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan MIN 1 Demak . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta pengujian keabsahan data berupa uji kredibilitas yakni menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya layanan Antar Jemput Peserta didik untuk meningkatkan karakter disiplin siswa ,yaitu 1) Dengan adanya layanan transportasi antar jemput peserta didik dapat mendorong siswa untuk disiplin waktu. Misalnya pada proses antar jemput berangkat sekolah siswa harus sudah berada di tempat pada jam 06.30 maka peserta didik dapat datang kesekolah tepat waktu. 2) Strategi yang digunakan untuk mendorong karakter disiplin siswa pada antar jemput yaitu madrasasah memiliki batasan waktu untuk berada diitik kumpul mulai jam 06.00 sampai jam 06.30. selain itu strategi yang digunakan yaitu melalui supir dengan adanya tata tertib yang harus dipatuhi dalam proses layanan transportasi antar jemput beroprasi. 3) Faktor Pendukung Layanan antar jemput ini salah satunya adalah adanya dorongan dari orangtua peserta didik yang berawal dari permintaan orantua peserta didik yang merasa keberatan untuk mengantarkan anaknya ke sekolah dengan jarak yang lumayan. Akhirnya dipertimbangkan oleh kepala sekolah dan guru guru untuk memfasilitasi layanan antar jemput. Faktor penghambat pada layanan ini adalah adanya kendaraan yang terbatas, selain itu adanya kendala dijalan misalnya ban bocor dan mogok. Dengan adanya faktor penghambat ini diharapkan menjadi dorongan MIN 1 Demak untuk meningkatkan kualitas madrasah terutama dalam pembentukan karakter disiplin melalui layanan antar jemput ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Layanan Antar Jemput Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:29
Last Modified: 30 Jul 2024 04:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11856

Actions (login required)

View Item View Item