Penerapan Metode Dongeng dalam Pendidikan Keselamatan Diri Anak Usia Dini di TK Al-Azhar Rogomulyo

Azizah, Qorina (2023) Penerapan Metode Dongeng dalam Pendidikan Keselamatan Diri Anak Usia Dini di TK Al-Azhar Rogomulyo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (928kB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (560kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (594kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (746kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (443kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB)

Abstract

Skripsi ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui tentang penerapan metode dongeng dalam pendidikan keselamtan diri anak usia dini di TK Al-Azhar Rogomulyo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pentingnya keselamatan diri yang diterapkan dalam anak. Penerapan pendidikan keselamatan diri harus dimulai sejak usia dini, serta problem dan solusi yang terjadi ketika menerapkan dongeng pendidikan keselamatan diri kepada anak usia dini, karena pada usia tersebut merupakan masa emas untuk memberikan landasan-landasan keselamatan diri yang kuat kepada anak sejak usia dini. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al-Azhar Rogomulyo. Selanjutnya, untuk memperoleh data, penulis mengambil dari data primer yaitu kepala sekolah, 2 guru kelas dan 3 peserta didik. Selanjutnya data sekunder berupa arsip atau dokumen yang berkaitan dengan madrasah dan berkaitan dengan peserta didik. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pengumpulan data, merangkum data, dengan memilih hal-hal pokok yang penting, menyajikan data dengan teks yang bersifat naratif, kemudian yang terakhik yaitu penarikan kesimpulan untuk memperoleh hasil penelitian yang sesuai dengan fokus penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan metode dongeng yang digunakan guru berupa cerita “Tudung Merah” yang memberikan pemahaman kepada peserta didik untuk bersikap waspada terhadap orang lain dan cerita “ Zebra Si Hewan Pandai” dalam rangka memberikan pemahaman kepada anak untuk waspada terhadap lampu lalu lintas. Kegiatan mendongeng peserta didik dapat mengetahui keselamatan dirinya sendiri, menghindari bahaya dirumah, sekolah, maupun di jalan. Sedangkan problem yang terjadi ketika penerapan metode dongeng dalam pendidikan keselamatan diri anak usia dini di TK Al-Azhar yaitu karena pemilihan cerita sesuai tema, keselamatan diri merupakan suatu hal baru untuk anak-anak, jadi sebagai seorang guru harus bisa menguasai masalah tersebut. Solusinya yaitu dengan terus mendalami ilmu tentang dongeng keselamtan diri pada anak usia dini karena itu merupakan hal yang baru di dunia anak-anak. Saran untuk pendidik bisa menggunakan tema yang nyata, tidak rumit, dan tentunya dekat dengan keseharian anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Dongeng, Keselamatan diri, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:09
Last Modified: 31 Jul 2024 07:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11898

Actions (login required)

View Item View Item