Evaluasi Perda Kabupaten Kudus No 3 Tahun 2013 Tentang Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam Realisasi Pelaksanaan di Madrasah Diniyah Darul Ulum Ngembalrejo

Wihdah, Livia (2023) Evaluasi Perda Kabupaten Kudus No 3 Tahun 2013 Tentang Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam Realisasi Pelaksanaan di Madrasah Diniyah Darul Ulum Ngembalrejo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover kata pengantar.pdf

Download (952kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (730kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana realisasi pelaksanaan peraturan daerah No 3 Tahun 2013 tentang madrasah diniyah takmiliyah di Madrasah Diniyah Darul Ulum Ngembalrejo, (2) bagaimana faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan peraturan daerah no 3 tahun 2013 tentang madrasah diniyah takmiliyah di Madrasah Diniyah Darul Ulum Ngembalrejo, (3) bagaimana evaluasi pelaksanaan peraturan daerah No 3 Tahun 2013 tentang madrasah diniyah takmiliyah di Madrasah Diniyah Darul Ulum Ngembalrejo. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitia lapangan (field research) yaitu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responder. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di madrasah diniyah Darul Ulum Ngembalrejo, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analisis atau kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui studi lapangan yang meliputi observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang pertama penulis lakukan menunjukkan adanya pasal yang belum terlaksana dalam perda kabupaten kudus no 3 tahun 2013 tentang madrasah diniyah takmiliyah di madrasah diniyah darul ulum yaitu pada pasal 8 yang berisi penyelenggaraan madrasah diniyah takmiliyah dapat dilaksanakan secara terpadu sesuai dengan sekolah, sesuai dengan jenjang pendidikannya. Sedangkan pasal lainnya di madrasah diniyah darul ulum telah terlaksana sesuai dengan perda yang telah di tetapkan. Kedua faktor penghambat yaitu keterbatasan sarana prasarana yang kurang memadai. Faktor pendukung yaitu motivasi dari pemerintah (kementrian agama) dengan memudahkan pemberian ijin penyelenggaraan pendidikan madrasah diniyah takmiliyah, fasilitas, dan bimbingan dalam penyelenggaraan madrasah diniyah takmiliyah. Ketiga, Evluasi yang dilakukan untuk pelaksanaan perda di madrasah diniyah darul ulum yaitu dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Proses And Product). (a) Evaluasi context berupa tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan madrasah diniyah darul ulum. (b) Data input dalam pelaksanaan peraturan daerah no 3 tahun 2013 tentang madrasah diniyah takmiliyah di madrasah diniyah darul ulum yaitu meliputi sarana prasarana. (c) deskripsi data proses terdapat hambatan yang ditemukan yaitu aspek pendidik. (d) Deskripsi Data Produk yaitu Sebagian organisasi Islam yang menyelenggarakan madrasah diniyah takmiliyah, yaitu madrasah diniyah darul ulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosyid, Moh.UNSPECIFIED
Thesis advisorMiftah, DanyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perda No 3 Tahun 2013, Madrasah Diniyah Takmiliyah dan Realisasi pelaksanaan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:41
Last Modified: 12 Aug 2024 06:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11945

Actions (login required)

View Item View Item