Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mewujudkan Slogan Madrasah “Disiplin! Luar Biasa!” Pada Peserta Didik di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus

Saharani, Firsta (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mewujudkan Slogan Madrasah “Disiplin! Luar Biasa!” Pada Peserta Didik di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (832kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (533kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (698kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh zaman sekarang masih ada siswa yang menunjukan perilaku yang tidak disiplin. Disinilah peran guru PAI sangat penting untuk mengenalkan ilmu agama sehingga dapat membentuk kepribadian siswa yang bersikap disiplin. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mengetahui pelaksanaan slogan madrasah “Disiplin! Luar Biasa!”. 2) Mengetahui kontribusi Guru PAI dalam mewujudkan slogan madrasah “Disiplin! Luar Biasa!”. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data melalui tahapan-tahapan yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama, Pelaksanaan slogan madrasah “Disiplin! Luar Biasa!” itu dilaksanakan oleh semua warga madrasah baik guru dan peserta didik, kemudian bekerjasama dengan BK dan berkolaborasi dengan wali murid. Slogan madrasah ini tercermin dari semua kegiatan di madrasah mulai dari berangkat sekolah harus bersalaman dengan guru yang sudah ada di depan pintu gerbang, siswa harus disiplin dari segi pakaian dan atribut seragam, kuku dan rambut tidak boleh panjang, masuk kelas tepat waktu, mengikuti apel (upacara) dan juga pulang sesuai jadwal madrasah. Cara kepala sekolah menanamkan sikap disiplin dengan memasang kata-kata mengenai kedisiplinan di dalam maupun diluar kelas, guru sebagai teladan bagi siswa dan menanamkan pembiasan seperti kegiatan rutin dalam menunajang pelaksanaan slogan madrasah yaitu adanya apel pagi (upacara), ngaji esuk, sholat dzuhur berjama'ah, kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan memperingati hari-hari besar. Kedua, Peran guru PAI dalam mewujudkan sikap disiplin siswa sangatlah penting, peran yang diberikan yaitu keteladanan bagi peserta didik, sering memberi nasehat, dan selalu memberikan motivasi. Yang dilakukan guru PAI dalam menanamkan sikap disiplin yaitu selalu berpakaian rapi, datang ke madrsah tepat waktu, menggunakan bahasa yang sopan pada saat berbicara, mengucap salam ketika bertemu dengan guru, melakukan pendekatan agar lebih akrab dengan peserta didik, memberi tugas yang harus dikerjakan tepat waktu, memastikan kehadiran siswa, mengevaluasi tugas dan memberikan apresiasi kepada peserta didik. Dan kontribusi guru PAI mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam mewujudkan slogan madrasah pada pserta didik adalah membentuk SPD (Siswa Penggerak Disiplin) yang bertujuan untuk mendisiplinkan siswa dan siswa yang melanggar peraturan akan mendapatkan hadiah atau bahasa halus dari hukuman tujuan hukuman tersebut adalah untuk melatih keberanian siswa untuk tampil didepan orang banyak dan berani berbicara. Dengan adanya hukuman bagi siswa yang kurang disiplin diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran disiplin siswa keadaan menjadi tertib dan lingkungan belajar menjadi kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAz Zafi, AshifUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Sikap disiplin, Slogan Madrasah
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Aug 2024 09:21
Last Modified: 13 Aug 2024 09:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11958

Actions (login required)

View Item View Item