Analisis Pelaksanaan Program Keluarga Harapan dalam Rangka Mengentaskan Kemiskinan dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Desa Kedungdowo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus Tahun 2022

Kholifah, Lutfiyah Noor (2023) Analisis Pelaksanaan Program Keluarga Harapan dalam Rangka Mengentaskan Kemiskinan dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Desa Kedungdowo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus Tahun 2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (855kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (809kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan Program Keluarga Harapan dalam rangka mengentaskan kemiskinan dalam perspektif ekonomi Islam di Desa Kedungdowo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan atau field research. Adapun lokasi penelitian di Desa Kedungdowo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitiannya adalah penerima PKH, pendamping PKH, Kepala Desa Kedungdowo, perangkat desa dan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kudus. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas, yang terdiri dari perpanjangan keikutsertaan, peningkatan ketekunan, menggunakan bahan referensi. Kemudian uji transferability, uji dependability, dan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi teknik, triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi data. Teknik analisis data dengan menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tiga langkah yaitu rreduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan Program Keluarga Harapan dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Desa Kedungdowo belum sepenuhnya berjalan dengan optimal, sebab masih terdapat beberapa hal yang belum terlaksana dengan baik, namun PKH di Desa Kedungdowo telah mengurangi beban rumah tangga miskin dalam pemenuhan pendidikan, kesehatan, pemenuhan kebutuhan bagi lansia di atas 60 tahun dan disabilitas berat. 2) Pelaksanaan Program Keluarga Harapan dalam mengentaskan kemiskinan di Desa Kedungdowo telah berjalan dengan baik sesuai regulasi pemerintah meskipun hasilnya belum optimal, dimana pelaksanaannya telah berjalan sesuai dengan mekanisme atau prosedur yang ada, sesuai dengan yang diatur oleh pemerintah pusat. 3) Pelaksanaan PKH dalam perspektif Ekonomi Islam telah terlaksana dengan cukup baik meskipun belum optimal, yakni mencakup 4 hal: dalam hal keadilan, khalifah, takaful,nubuwwah maupun keseimbangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMundakir, MundakirUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Kemiskinan, Program Keluarga Harapan, Perspektif Ekonomi Islam
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Aug 2024 01:50
Last Modified: 15 Aug 2024 01:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11980

Actions (login required)

View Item View Item