Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas IV MI NU Khoiriyyah Bae Kudus

Tsary, Diana Atika (2023) Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas IV MI NU Khoiriyyah Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)

Abstract

Program Tahfidz al-Quran bertujuan meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran al-Quran Hadits dengan fokus pada penghafalan dan pemahaman ayat-ayat Al-Quran serta Hadits. Dalam program ini, siswa akan diajarkan metode penghafalan yang efektif dan efisien serta dibimbing oleh guru-guru berpengalaman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program Tahfidz yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadist di MI NU Khoiriyah Bae Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa imolementasi program Tahfidz di MA NU Khoiriyah Bae terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadist. Implementasi program tahfidz ini dilaksanakan dengan: Pertama. perencanaan program tahfidz dilakukan dengan cara kepala sekolah dan tenaga pendidik melakukan analisis kebutuhan program yang dapat menunjang visi, misi dan tujuan maadrasah. Kedua, tahap pengorganisasiaan dilakukan oleh kepala madrasah dengan teknis pengaturan jadwal yang dilakukan oleh bagian keagamaan. Ketiga, motivasi dilakukan oleh guru dengan memberikan penjelasan tentang manfaat menghafal al-Quran dan memberikan penghargaan kepada peserta didik yang sudah menyelesaikan hafalan. Keempat, pelaksanaan program tahfidz dilakukan sebelum jam pelajaran dimulai. Dalam mengimplementasikan program ini tersapat berbagai macam penghambat seperti motivasi siswa yang rendah, kemampuan menghafal yang rendah, dll. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu terdapat guru yang kompeten, lingkungan keluarga yang mendukung dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorFalaq, YusufUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program Tahfidz, Al-Qur'an dan Hadist, Pestasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:06
Last Modified: 15 Aug 2024 04:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11987

Actions (login required)

View Item View Item