Tsary, Diana Atika (2023) Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas IV MI NU Khoiriyyah Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (327kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (338kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (470kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (648kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (375kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (671kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (338kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) |
Abstract
Program Tahfidz al-Quran bertujuan meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran al-Quran Hadits dengan fokus pada penghafalan dan pemahaman ayat-ayat Al-Quran serta Hadits. Dalam program ini, siswa akan diajarkan metode penghafalan yang efektif dan efisien serta dibimbing oleh guru-guru berpengalaman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program Tahfidz yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadist di MI NU Khoiriyah Bae Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa imolementasi program Tahfidz di MA NU Khoiriyah Bae terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadist. Implementasi program tahfidz ini dilaksanakan dengan: Pertama. perencanaan program tahfidz dilakukan dengan cara kepala sekolah dan tenaga pendidik melakukan analisis kebutuhan program yang dapat menunjang visi, misi dan tujuan maadrasah. Kedua, tahap pengorganisasiaan dilakukan oleh kepala madrasah dengan teknis pengaturan jadwal yang dilakukan oleh bagian keagamaan. Ketiga, motivasi dilakukan oleh guru dengan memberikan penjelasan tentang manfaat menghafal al-Quran dan memberikan penghargaan kepada peserta didik yang sudah menyelesaikan hafalan. Keempat, pelaksanaan program tahfidz dilakukan sebelum jam pelajaran dimulai. Dalam mengimplementasikan program ini tersapat berbagai macam penghambat seperti motivasi siswa yang rendah, kemampuan menghafal yang rendah, dll. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu terdapat guru yang kompeten, lingkungan keluarga yang mendukung dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Program Tahfidz, Al-Qur'an dan Hadist, Pestasi Belajar Siswa | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2024 04:06 | |||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2024 04:06 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11987 |
Actions (login required)
View Item |