Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran IPS kelas VII di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus

Nisa, Riska Rohmatun (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran IPS kelas VII di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (731kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Pentingnya pendidikan karakter tidak lepas dari munculnya beberapa fenoma sosial saat ini, yang ditunjukan dengan perilaku yang tidak berkarakter serta adanya gejala-gejala yang menandakan tergerusnya karakter sebuah bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pendidikan karakter dalam membentuk karakter peserta didik melalui pembelajaran IPS kelas VII di MTs NU Raudlatus Shibyan Pegajaran Bae Kudus. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengangkat masalah ini menjadi sebuah judul untuk tugas akhir kuliah (Skripsi). Jenis penelitian ini adalah deskriptif –kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan IPS berpedoman pada kurikulum 2013 yang mencantumkan nilai-nilai karakter disetiap penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran IPS. Serta menanamkan nilai-nilai karakter dalam setiap pembelajaran yang berlangsung sehingga sikap sosial peserta didik bisa terbentuk. Melalui kegiatan akademik pembelajaran pendidikan karakter yang terdapat dalam pendidikan IPS. Melalui kegiatan pembiasaan di MTs NU Raudlatus Shibyan dengan kegiatan dakwah training, jum’at legi dan kebiasaan rutin lainnya. Melalui kegiatan ekstrakurikuler sebagai upaya meningkatkan keefektivitas program pendidikan karakter, implementasi pendidikan karakter di MTs NU Raudlatus Shibyan juga dilakukan berdasarkan hasil pengembangan budaya sekolah. Melalui pembinaan keluarga ini dilakukan evaluasi pihak sekolah bersama dengan para orang tua. Faktor-faktor yang memengaruhi dan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran karakter yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal faktor yang berasal dari dalam diri siswa, faktor tersebut berhubungan dengan kemauan siswa dalam berkarakter. Faktor eksternal terdapat faktor pembiasaan dan keteladanan, dan faktor dukungan dukungan dari orang tua. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter yakni pembiasaan atau contoh dari keteladanan dari semua guru. Begitu juga faktor dukungan dari orang tua. Dari faktor tersebut mempunyai pengaruh yang berbeda dalam memengaruhi karakter siswa kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMundakir, AkhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Sep 2024 04:52
Last Modified: 20 Sep 2024 04:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12043

Actions (login required)

View Item View Item