Iskandar, Muhammad (2023) Strategi Pesantren dalam Pengelolaan Kurikulum (Studi Kasus Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Quran Remaja Bejen Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (392kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (399kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (533kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (790kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (390kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (733kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (366kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan : 1) Untuk mendeskripsikan konsep strategi pondok pesantren dalam mengelola kurikulum di pondok pesantren tahfidz al Quran Yanbu’ul Quran Remaja Kudus?; 2) Untuk mendeskripsikan implementasi strategi pondok pesantren dalam kurikulum di pondok pesantren tahfidz al Quran Yanbu’ul Quran Remaja Kudus?; dan 3) Untuk mendeskripsikan dampak strategi pondok pesantren dalam mengelola kurikulum di pondok pesantren tahfidz al Quran Yanbu’ul Quran Remaja Kudus? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (qualitative research) dengan pendekatan studi kasus. Subyek dan informan dalam penelitian ini, yaitu ustadz, pengasuh, dan santri. Data-data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data digunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, menggunakan referensi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data model interaktif, yang meliputi: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pesantren dalam Pengelolaan Kurikulum (Studi Kasus Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Quran Remaja Bejen Kudus), meliputi: 1) Konsep strategi pondok pesantren dalam mengelola kurikulum di Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Remaja Kudus yaitu pondok pesantren menentukan kurikulum yang dipakai yakni meliputi definisi, metode, karakteristik konsep strategi menggunakan kurikulum muatan lokal dan kurikulum umum dalam pembelajaran di pondok pesantren.; 2) Implementasi Strategi Pondok Pesantren Dalam Kurikulum di Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Remaja Kudus meliputi: a) Menjalin MOU dengan pendidikan formal madrasah TBS Kudus, b) Melaksanakan kegiatan OSBA dengan mengenalkan lingkungan yang ada di pondok, c) Mengatur jadwal pendidikan formal dan pondok, dan d) Mengatur program guru dengan merekrut guru madrasah yang mengajar mata pelajaran salaf agar sama-sama berjalan dan sesuai dengan kurikulum yang dituju; dan 3) Dampak strategi pondok pesantren dalam mengelola kurikulum di Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Remaja Kudus, yaitu: a) prestasi santri ditingkatkan melalui kolaborasi dan kerjasama dalam menyelesaikan setiap permasalahan pembelajaran agar mencapai hasil maksimal, b) Akomodatif santri bisa belajar dengan materi muatan lokal dan umum, c) Santri terpenuhi target hafalan dan d) santri mampu belajar disiplin waktu antara pembelajaran di madrasah dengan di agar dapat menyesuaikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pesantren, Kurikulum, PTYQR Bejen Kudus | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Sep 2024 04:56 | ||||||
Last Modified: | 20 Sep 2024 04:56 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12044 |
Actions (login required)
View Item |