Naufalin, Rifda (2023) Penerapan Program Full Day School Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah Klumpit Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (180kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (378kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (619kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (187kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (477kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (221kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
Abstract
Fokus penelitian ini diarahkan pada : 1) Penerapan sistem full day school di MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan full day school di MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah. Penelitian ini merupakan penelitian riset lapangan (field research). Adapun metode yang digunakan yaitu deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara antara lain pengamatan, wawancara, dokumentasi, analisis dokumen, catatan lapangan yang berhubungan dengan objek yang diteliti, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, selanjutnya penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh hasil dan temuan-temuan sebagai berikut; 1) Pelaksanaan program full day school di MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah dilaksanakan pada bulan september tahun 2022. Untuk KBM dilaksanakan dari hari Sabtu sampai hari Kamis. Untuk kegiatan program full day school dilaksanakan 4 hari dalam satu minggu yaitu dari hari senin sampai hari kamis, untuk kelas rendah yaitu kelas 1,2 dari jam 7 pagi sampai jam 12.45 siang, untuk kelas tinggi yaitu kelas 3,4,5,6 dari jam 7 pagi sampai jam 13.30 siang. Mata pelajaran full day school muatan lokal yang ada di MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah adalah fasholatan, baca tulis Al-Qur’an, doa harian, dan tahfidz Al-Qur’an. Untuk materi umumnya yaitu pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Arab. 2) Faktor pendukung penerapan program full day school di MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah yaitu SDM meliputi guru, tenaga kependidikan. Kemudian sarana dan prasarana, semangat belajar peserta didik, dukungan dari orang tua peserta didik, serta kurikulum. Adapun faktor penghambat penerapan program full day school di MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah yaitu yaitu karena masih dalam tahap program baru maka membutuhkan penyesuaian kegiatan full day school. Awalnya para wali murid banyak yang komplain masalah makan siang yang menunya itu-itu saja. Kedua memerlukan adaptasi terhadap jam pulang yang menjadi lebih siang. Sebagian peserta didik ada yang belum siap dalam hal beradaptasi dengan program full day school. Karena masih tahun pertama, jadi masih pengalaman yang masih minim dalam memanage, sehingga masih terus belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Program Full Day School, Kualitas Pendidikan | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:07 | ||||||
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:07 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12053 |
Actions (login required)
View Item |